Berita Karawang

Kapal Sida Rahayu Terbalik di Laut Jawa, Berikut Kronologi, Nama ABK yang Selamat dan Hilang

Kapal nelayan lain TB Mitra Pulau berhasil melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Feryanto Hadi
Ist
Proses evakuasi 6 ABK Kapal Motor (KM) Sida Rahayu 3 terbalik di Perairan Laut Jawa. 

WARTAKOTALIVE.COM, KARAWANG---- Kapal Motor (KM) Sida Rahayu 3 terbalik di Perairan Laut Jawa.

Enam ABK selamat dan delapan masih proses pencarian.

Kepala Kantor SAR Bandung Jumaril mengungkapkan, Kapal Cumi Sida Rahayu 3 berangkat melaut dari Pelabuhan Muara Angke pada Selasa (23/08/2022) menuju Laut Jawa.

Namun pada Jumat (26/08) pukul 08.45 WIB,  TB Mitra Pulau yang sedang berlayar dari Sukamara menuju Marunda, melihat kapal berkapasitas 30 Gross Tonnage (GT) itu terbalik di koordinat 05 17'161" S 107 48'498"E.

"Dari keterangan ABK yang berhasil diselamatkan kapal nelayan lain, kapal tebalik pada Kamis (25/8/2022) pukul 22.00 WIB," katanya saat dikonfirmasi pada Minggu (28/8/2022).

Baca juga: Kapal Sida Rahayu 3 Terbalik di Laut Jawa, Enam Orang Selamat, Tim SAR Masih Cari 8 ABK yang Hilang

Dia menjelaskan, kapal nelayan lain TB Mitra Pulau berhasil melakukan penyelamatan terhadap 6 ABK dan dievakuasi ke Pelabuhan Marunda, sedangkan 8 ABK lainnya masih dalam pencarian.

"Awak TB Mitra Pulau langsung laporan ke kami terkait adanya kejadian itu," ungkap dia.

Dia melanjutkan, pada Sabtu (27/8/2022) pukul 22.50 WIB, KN SAR Wisnu bergerak menuju Last Known Position (LKP) untuk melakukan pencarian korban.

Baca juga: Tinjauan ke Pulau Pahawang, Kapal Menteri Pariwisata RI Tersesat di Laut Lampung

Basarnas Bandung juga telah mendirikan Posko SAR di Tanjung Sedari Karawang. Pencarian masih terus dilakukan hari ini Minggu (28/8/2022).

"KN SAR Wisnu dan RIB 03 Jakarta akan melakukan penyapuan sesuai dengan SAR Map Prediction. Hingga sore ini belum ditemukan ABK yang hilang," jelas dia.

Dijelaskannya, pencarian mengarah ke barat karena berdasarkan SAR Map Prediction, sebaran korban diprediksi menuju ke arah barat.

Dua unit LCR juga disiagakan di Pantai Sedari, Karawang, Jawa Barat. Selain itu, Tim SAR Gabungan juga menyapu pesisir pantai Sedari.

"Adapun jika korban ditemukan akan dievakuasi ke KN SAR Wisnu dan di bawa ke Pelabuhan Marunda untuk proses identifikasi," kata Jumaril.

Berikut data ABK selamat

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved