Polisi Tembak Polisi

Hendardi: Sejauh Ini Publik Puas atas Kinerja Polri yang Memecat Ferdy Sambo

Ketua Setara Institue, Hendardi, mengacungi jempol terhadap kinerja Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang berhasil membongkar kasus Ferdy Sambo.

Editor: Valentino Verry
TRIBUNNEWS/VINCENTIUS JYESTHA
Ketua SETARA Institute Hendardi mengaku puas sejauh ini atas penanganan kasus Ferdy Sambo. Tapi setelah itu harus dikawal saat di sidang pengadilan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan, sejauh ini publik puas atas respons Polri terhadap kasus Ferdy Sambo.

Upaya perlindungan pada Ferdy Sambo, yang berhasil dibongkar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo patut diapresiasi.

Menurut Hendardi, Kapolri menunjukkan keberpihakannya pada publik, bahwa masyarakat ingin Polri bersikap adil dan transparan.

Seperti diketahui, Ferdy Sambo akhirnya dipecat secara tidak hormat melalui sidang kode etik, dan istrinya pun Putri Candrawathi menjadi tersangka pada kasus pembunuhan berencana almarhum Brigadir J.

Menurut Hendardi, putusan terhadap Ferdy Sambo adalah putusan terberat dalam kode etik kepolisian.

"Namun, jika dilihat dari unsur yang dilanggar, maka putusan tersebut dianggap tepat," ucap Hendardi, Sabtu (27/8/2022).

Apalagi Ferdy sambo bukan hanya melanggar etik, tapi juga terjerat pidana.

Ia sudah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J bersama empat orang lainnya, yakni Bharada e, Brigadir R, Kuat Maruf, dan Putri Candrawathi sang istri.

Baca juga: Perintah Kapolri, Penyidik Maraton Rampungkan Berkas Perkara Putri Candrawathi

Secara etik prosedural, menurut Hendardi, tugas Polri sudah dijalankan dengan memberhentikan Ferdy Sambo.

Tetapi dalam konteks pidana, tugas ini akan dijalankan bersama Polri, Kejaksaan dan Pengadilan.

"Sampai di sini saya yakin atensi dan kepercayaan publik akan berangsur pulih, karena berdasarkan fakta-fakta peristiwa, aspirasi korban dan publik serta atensi Presiden RI, Kapolri telah dan terus memberikan penyikapan yang diharapkan," terangnya.

Untuk menyempurnakan kepercayaan publik, secara bertahap, Kapolri memulai agenda reformasi Polri yang komprehensif dan berkelanjutan.

Ferdy Sambo dan istri Putri Candrawathi kini menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana almarhum Brigadir J. Publik pun puas.
Ferdy Sambo dan istri Putri Candrawathi kini menjadi tersangka kasus pembunuhan berencana almarhum Brigadir J. Publik pun puas. (Kolase foto/istimewa)

Sikap Sambo saat sidang etik

Dalam proses mendengarkan keterangan saksi, Ferdy Sambo tidak membantah atas segala ungkapan yang dikatakan mereka.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved