Berita Bogor

Gelar Festival Merah Putih, Bima Arya: Kota Bogor Tetap On the Track, Pancasila dan NKRI Harga Mati

Bima Arya menyebut, kirab tersebut untuk membuktikan bahwa masyarakat di Kota Bogor setia dengan NKRI dan Pancasila.

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Feryanto Hadi
Tribunnews Bogor
Kesruan Bima Arya saat mengikuti perlombaan gebuk bantal bersama warga Bogor Utara, Rabu (17/8/2022). 

Laporan wartawan Wartakotalive.com, Cahya Nugraha

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR- Momentum kirab bendera merah putih menjadi acara puncak perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 sekaligus menutup acara Festival Merah Putih (FMP) di Kota Bogor, Jawa Barat pada Minggu (28/8/2022). 

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyebut, kirab tersebut untuk membuktikan bahwa masyarakat di Kota Bogor setia dengan NKRI dan Pancasila.

"Artinya, tetap Pancasila dan NKRI merupakan harga mati yang tidak bisa ditarik ke kanan ataupun kiri," ungkap Bima Arya

Ketika melakukan kirab bendera berukuran 100x6 meter, Bima juga menuturkan bahwa rangkaian ini sebagai bentuk edukasi nasionalisme dan contoh kepada masyarakat. 

Baca juga: Presiden Joko Widodo Lepas Kirab Merah Putih, Kapolri Sebar Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

"Itu kan dibawahnya dari berbagai unsur baik itu pekerjaan, agama, suku dan budaya namun bersama kita satu membawa Sang Saka Merah Putih dari Balai Kota hingga titik ini ( Pusdikzi Kodiklatad)," kata Bima. 

Menurutnya, Festival Merah Putih ini bukan merupakan kegiatan biasa.

Sebab, selama satu bulan lamanya, merah putih berkibar di segala sudut kota Wilayah Bogor, Jawa Barat. 

"Bukti ini merupakan kebersamaan kita, warnanya banyak di Kota Bogor ini, semua warna ada. Namun manakala waktunya tiba, semua akan kembali pada merah putih," kata Bima. 

Baca juga: Habib Luthfi bin Yahya Lantang Bacakan Ikrar NKRI saat Kirab Merah Putih di Bundaran HI

Kirab Merah Putih dilepas Presiden Joko Widodo dari depan Istana Merdeka bersama ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya (kanan) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dari depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022). Kirab Merah Putih berakhir di Bundaran Hotel Indonesia.
Kirab Merah Putih dilepas Presiden Joko Widodo dari depan Istana Merdeka bersama ulama karismatik Habib Luthfi bin Ali bin Yahya (kanan) dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit dari depan Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2022). Kirab Merah Putih berakhir di Bundaran Hotel Indonesia. (Divisi Humas Polri)

"Saya sampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Kota Bogor dan panitia dengan segala keterbatasannya akhirnya dapat menyelenggarakan Festival Merah Putih dengan maksimal dan berlangsung dengan sangat baik," tutup Bima. 

Sementara itu, Ketua Festival Merah Putih, Irwan S Widjaja menuturkan bahwa FMP ini merupakan kali ketujuh diselenggarakan di wilayah Kota Bogor, Jawa Barat. 

"Dengan semangat merah putih dan kebhinekaan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak 1 Agustus - 31 Agustus 2022. Rencana awal akan ada 18 rangkaian kegiatan namun karena keterbatasan waktu dan beberapa pertimbangan akhirnya dipangkas menjadi 11 kegiatan dan pada hari ini acara puncaknya sekaligus penutup dari seluruh rangkain acara," ucapnya. 

Perlu diketahui bahwa kirab bendera merah putih yang dilakukan ini dimulai dari Balai Kota menuju Pusdikzi Kodiklatad Bogor yang berada di jalan Jenderal Sudirman

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved