Polisi Tembak Polisi

Rizal Ramli Ikut Komentar Soal Ferdy Sambo, Minta Dana Satgasus Merah Putih Diaudit

Ekonom Rizal Ramli menyoroti dana Satgasus Merah Putih pimpinan Ferdy Sambo. Dia minta dana diaudit, kuat dugaan tak halal.

Editor: Valentino Verry
Kontan
Ekonom Rizal Ramli minta Polri mengaudit dana Satgasus Merah Putih pimpinan Ferdy Sambo, karena keberadaannya cukup mengkhawatirkan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Ekonom Rizal Ramli turut buka suara terkait kasus polisi tembak polisi yang didalangi Ferdy Sambo.

Namun, Rizal Ramli tak menyoroti soal kasus penembakan yang menewaskan almarhum Brigadir J itu.

Rizal justru lebih concern seputar organisasi Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Merah Putih yang pernah dipimpin oleh Ferdy Sambo.

Seperti diketahui, mantan Kadiv Propam Polri ini menjadi Kepala Satgasus Merah Putih yang masa tugasnya akan berakhir 31 Desember 2022.

Rizal Ramli menilai, satgasus yang sempat dipimpin Ferdy Sambo ini tidak hanya diberhentikan, melainkan harus diaudit secara menyeluruh.

“Ini ada transaksi hitam Satgasus. Ini yang harus diaudit, uangnya dari mana, dari judi, dari narkoba,” kata Rizal Ramli dalam diskusi Total Politik bertajuk ‘Kasus Sambo di Jalan Politik’ secara virtual, Jumat (26/8/2022).

“Tidak cukup satgasus dihapus. Tetapi harus dibuka polanya, dipelajari aliran dananya dan dipertanggungjawabkan. Karena kalau enggak, ini betul-betul kegiatan mafia lah di dalam polisi,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Kuasa Hukum Brigadir J Bawa Bukti Laporan Palsu Istri Ferdy Sambo Terkait Pelecehan Seksual

Audit tersebut, lanjut dia, di antaranya ialah untuk mencari pertanggungjawaban atas persetujuan kegiatan satgas.

Namun, lanjut Rizal, dirinya tidak setuju jika itu dilimpahkan ke Kapolri.

Ia mengambil contoh Kepala Kepolisian Jepang yang baru saja mengundurkan diri terkait insiden penembakan yang menyebabkan eks Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe meninggal dunia.

Kepala Polisi Jepang, kata dia, mengundurkan diri lantaran dianggap bertanggung jawab dan tidak mampu melindungi Abe sebagai pejabat di Negeri Matahari Terbit itu. 

“Tetapi kita mesti lihat sejarah daripada satgasus ini. Dia jadi monster dimulai oleh teman saya Mas Tito (mantan Kapolri), kemudian jadi monster di bawah Kapolri-kapolri berikutnya,” tutur Rizal.

'Kaisar' Ferdy Sambo selama ini sangat disegani rekan-rekannya.
'Kaisar' Ferdy Sambo selama ini sangat disegani rekan-rekannya. (HO)

Kapolri Bubarkan Satgasus

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo resmi membubarkan satgasus yang diketuai oleh mantan Kadiv Propam Polri, Irjen Ferdy Sambo.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved