Art Jakarta 2022

Resmi Buka Art Jakarta 2022, Menteri BUMN Erick Thohir Ajak Masyarakat Apresiasi Seni dan Budaya

Pameran seni rupa Art Jakarta 2022 resmi dibuka oleh Menteri BUMN, Erick Thohir di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022).

WARTAKOTALIVE.COM, SENAYAN - Setelah sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi Covid-19, pameran seni rupa bertajuk Art Jakarta kembali hadir tahun ini.

Mengusung tema Again, Art Jakarta 2022 resmi dibuka oleh Menteri BUMN Erick Thohir di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022). Pameran seni ini berlangsung selama tiga hari, Jumat, Sabtu dan Minggu, (26 - 28 Agustus 2022).

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengajak masyarakat Indonesia untuk tidak melupakan budaya karena menjadi pondasi bangsa untuk terus bersatu di masa depan.

“Memang kita jangan jadikan negara yang maju tapi lupa sama budaya, karena itu yang akan menjadi pondasi di masa depan. Saya selalu ingatkan ketika kita mengalami banyak krisis, baik itu krisis ekonomi, krisis politik, banyak negara bilang kita bubar, ternyata buktinya tidak. Kenapa? ya karena tadi secara bangsa kita bersatu dan mengapresiasi yang namanya kebudayaan kita,” ungkapnya.

 

Menteri BUMN, Erick Thohir melihat karya seni dalam pameran Art Jakarta 2022
Menteri BUMN, Erick Thohir saat melihat beberapa karya seni dalam pameran Art Jakarta 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022).

Erick juga mengaku senang bahwa perhelatan Art Jakarta yang tahun ini menginjak tahun ke-14 bisa bergulir lagi, setelah rehat karena pandemi Covid-19.

“Saya senang Art Jakarta bisa bergulir lagi setelah istirahat selama dua tahun, karena Indonesia perlu hal seperti ini. Bagaiaman kita mengingatkan pondasi budaya kita dan juga bagaimana kita apresiasi budaya kita dan tentu saya  berharap ini terus bergulir. Kita harap hal seperti ini jangan sampai hilang,” jelasnya.

Erick meminta bahwa kebudayaan harus terus dijaga dan diapresiasi dengan cara membuat ekosistem.

"Apalagi kita tengah mengalami digital ekonomi yang nilainya diperkirakan Rp 4.800 triliun pada tahun 2030. Selain budaya yang kita saksikan sekarang ada juga teknologi based seperti NFT nah ini penting sekali, kalau bisa komunitas ini boleh mengajarkan komunitas pecinta seni untuk belajar teknologi, karena suka tidak suka dunia berubah kalau kita tidak berubah takutnya kita jadi absolut,” sebut Erick.

Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid dalam sambutan pembukaan Art Jakarta 2022 mengatakan, bahwa Art Jakarta menjadi wadah penting bagi penguatan ekosistem seni rupa Indonesia.

Ia mengapresiasi kegiatan ini yang kembali hadir di JCC dalam skala besar, setelah di tahun sebelumnya sempat dihelat secara daring karena pandemi.

Pengunjung sedang melihat hasil karya seni yang dipamerkan pada Art Jakarta 2022 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022).
Pengunjung sedang melihat hasil karya seni yang dipamerkan pada Art Jakarta 2022 di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (26/8/2022). (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

Hilmar juga mengapresiasi akan semangat para seniman yang menurutnya tak juga surut meski dihantam situasi sulit pandemi.

Karena itu, kegiatan pasar seni ini menurutnya sekaligus bentuk penghormatan yang layak bagi perjuangan para seniman untuk terus berkarya dalam situasi sesulit apapun.

"Saya masih ingat selama dua tahun, diskusi gimana caranya bertahan di situasi sulit. Usaha keras bisa kembali tampil. Saya juga merangkap, hormat sedalam-dalamnya kepada seniman di tengah kesulitan terus berkarya. Banyak yang pindah profesi untuk bisa bertahan tapi mereka kembali. Jadi kita bersyukur jadi tempat menyaksikan kekuatan Indonesia. Back stronger," ungkapnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved