Banjir Rob

Pemkot Jakarta Utara Waswas, Bangun Tanggul Sementara, Antisipasi Banjir Rob di Kampung Si Pitung

Pemkot Jakarta Utara membangun tanggul sementara un tuk cegah banjir rob yang biasa terjadi.

Penulis: M. Rifqi Ibnumasy | Editor: Valentino Verry
warta kota/m rifqi ibnu masy
Pemkot Jakarta Utara memasang tanggul kantong pasir di pesisir RW 07 Kelurahan Marunda untuk mencegah rob, jelang musim hujan. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Wilayah muara Kali Blencong RW 07, Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara menjadi kawasan pesisir yang rawan rob.

Padahal di lokasi tersebut, terdapat bangunan wisata situs bersejarah Rumah Si Pitung yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Untuk menanggulangi rob di wilayah tersebut, Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara membangun benteng-benteng kisdam atau karung pasir.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Utara, Adrian Mara Maulana menyebut, pembangunan kisdam di pesisir Utara dibuat sepanjang 170 meter dengan ketinggian mencapai 120 meter.

Dengan demikian, benteng karung pasir tersebut mampu menahan limpasan kenaikan muka air laut dan ditargetkan pembuatan kisdam rampung pada pertengahan September 2022.

“Kami sudah mengukur ketinggian maksimal rob. Ada selisih 30 cm sampai dengan 40 cm dari ketinggian 120 cm kisdam yang kami buat,” ujar Adrian, Jumat (26/8/2022).

Baca juga: Jakarta 495 Tahun, Penanganan Banjir Rob Masih Menjadi Peer yang Wajib Diselesaikan

“Kisdam ini setidaknya mampu bertahan sampai dengan enam bulan ke depan," imbuhnya.

Sementara itu, Camat Cilincing, Anita Permata Sari menjelaskan, kisdam menjadi solusi sementara penanggulangan rob di kawasan RW 07 Kelurahan Marunda.

Anita menyebut, tumpukan karung berisi pasir yang diperkuat dengan cerucuk kayu dolken dapat menahan limpasan air laut ke daratan yang masuk melalui celah tanggul pengaman pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) di Kali Blencong.

Baca juga: Banjir Rob Terjang Tanjung Priok, Jalan RE Martadinata di Samping JIS Tergenang

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sedang melaksanakan pemasangan kisdam yang sudah mulai kami pasang sejak 20 Juni 2022 lalu,” kata Anita.

Kisdam juga dapat menghalau laju sampah yang terseret pasca terjadinya rob di wilayah tersebut.

Pasalnya, Rabu (27/8/2022) lalu rob di wilayah Marunda menyisakan ceceran sampah.

“Kerja bakti ini sebenarnya selalu kami lakukan bersama. Tidak hanya petugas seperti PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) dan Satuan pelaksana Sumber Daya Air Kecamatan Cilincing, kerja bakti ini selalu diikuti petugas dari Markas Unit Patroli Air Marunda Direktorat Polairud Polda Metro Jaya dan masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved