Kendaraan Bermotor di Negara Beriklim Tropis Seperti Indonesia Rawan Korosi

Kendaraan bermotor yang berada di negara beriklim tropis seperti Indonesia dinilai rawan masalah korosi sehingga para pemilik butuh perawatan ekstra.

Istimewa
Nippon Paint mengeluarkan Selleys RP7, pelumas semprot serbaguna untuk mengatasi masalah rawan korosi yang dialami kendaraan bermotor di negara tropis seperti di Indonesia. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kendaraan bermotor yang ada di Indonesia rawan korosi karena kondisi negara yang beriklim tropis. Sehingga para pemilik kendaraan membutuhkan perawatan ekstra.

Praktisi Otomotif Antonius Yuliyanto mengatakan ketika memasuki musim hujan, bodi atau mesin menjadi lebih lembap dan berisiko menimbulkan korosi karena berada di negara beriklim tropis.

“Tentu kondisi ini menjadi momok bagi kendaraan yang materialnya menggunakan besi. Sehingga, kendaraan memerlukan perawatan ekstra,” papar Aant, panggilan akrabnya, berdasar keterangan tertulis, Jumat (26/8/2022).

Aant menjelaskan pencegahan terhadap karat ini jamak dilakukan seperti segera cuci kendaraan usai kehujanan untuk hilangkan garam dan asam yang terlarut di dalam air hujan serta kotoran.

Baca juga: Repsol Indonesia Gandeng Armada Auto Tara Ekspansi Pelumas untuk Roda Empat

Namun kendaraan yang sering terkena hujan dan dicuci juga berpotensi menimbulkan kering pada beberapa area bergerak seperti engsel, handle pintu pada mobil, as handle rem dan kopling, rantai sampai lubang anak kunci pada motor.

“Sehingga diperlukan cairan pelumas seperti Selleys RP7 yang sangat membantu ketika saya ingin membuka baut atau mur yang macet akibat karat,” ujarnya.

Terkait hal itu, Nippon Paint yang mengakuisisi Selleys dari Australia menghadirkan Selleys RP7 – Pelumas Semprot Serbaguna dengan fungsi 3P: Pelumas, Pelindung, Pembersih.

Product Category Manager (SAFL & Mortar) Nippon Paint Indonesia M.N. Ardhan mengatakan cairan penetrant atau cairan pelumas terbukti ampuh menangani masalah yang ditimbulkan air, yaitu karat.

Baca juga: Seiring Kemajuan Teknologi, Milenial Ramai-ramai Lirik Bisnis Food and Beverage

“Selanjutnya, fungsi sebagai pelindung adalah memberikan perlindungan lebih lama terhadap karat, serta mampu membersihkan kotoran yang menempel pada bodi kendaraan,” tuturnya.

Selleys RP7 telah dipasarkan secara global, baik di Australia, Afrika Selatan, hingga negara-negara lain di benua Asia. Sehingga Selleys RP7 diyakini dapat bersinergi dengan sejumlah stakeholders.

“Sebagai pelumas, Selleys RP7 melumasi bagian-bagian kendaraan yang berpotensi terdapat gesekan. Selain itu, cairan yang lebih dingin mempermudah pelepasan karat,” katanya.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved