Polres Metro Jakarta Pusat akan Periksa Teknisi Lift yang Jatuh dari Lantai 4 Toko Hordeng

Polres Metro Jakarta Pusat akan memanggil teknisi yang biasa reparasi lift yang jatuh dari lantai 4 sebuah toko hordeng di Sawah Besar, Jakarta Pusat.

WartaKota/Alfian Firmansyah
Polres Metro Jakarta Pusat akan memanggil teknisi yang biasa reparasi lift yang jatuh dari lantai 4 sebuah toko hordeng di Sawah Besar, Jakarta Pusat. 

WARTAKOTALIVE.COM, SAWAH BESAR - Polres Metro Jakarta Pusat akan memanggil teknisi yang biasa reparasi lift yang jatuh dari lantai 4 sebuah toko hordeng di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022). 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan pihaknya akan memanggil penyedia jasa untuk mengetahui kondisi lift tersebut sebelum peristiwa yang menewaskan satu orang korban itu. 

"Nanti kami juga akan periksa pihak ketiga yang tangani maintenance lift itu," ucap , Kamis (25/8/2022).

Komarudin menyebutkan, pemeriksaan tersebut untuk mengetahui penyebab jatuhnya lift, apakah ada unsur kelalaian atau kondisi lift yang sudah lama.

"Nantinya hasil dari keterangan pihak jasa yang biasa tangani lift itu, untuk kami  ketahui akibat kelalaian siapa," tutur Komarudin. 

Baca juga: Polisi Masih Selidiki Insiden Lift Jatuh dari Lantai 4 di Toko Hordeng Sawah Besar Jakpus

Selain itu, Komarudin menyampaikan, saat ini pemilik toko itu sudah dimintai keterangan juga. Pemilik toko mengakui bahwa lift tersebut terakhir kali dilakukan perawatan pada Maret 2022.

"Pengakuannya terakhir kali diservis itu pada bulan Maret," ujar Komarudin. 

Petugas Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri juga telah dikerahkan melakukan pemeriksaan awal pada yang lift jatuh dari lantai 4 toko.

"Yang dibawa tim Labfor, rantai dan mesin lift," ucap Kanit Reskrim Polsek Sawah Besar AKP Wildan.

Wildan menyampaikan, kedua barang bukti nantinya akan diteliti oleh tim Puslabfor, untuk mengetahui penyebab jatuhnya lift yang menewaskan satu orang itu.

Baca juga: Kediaman Anies Baswedan di Lebak Bulus Digeruduk Ratusan Warga dari Berbagai Daerah, Ada Apa?

Kendati demikian, kata Wildan, jajarannya belum bisa menyimpulkan hasil pemeriksaan awal yang dilakukan tim Puslabfor.

"Hasil belum ada, diteliti nanti di laboratoriumnya," tutup Wildan. 

Sebelumnya peristiwa lift jatuh dari lantai 4 toko dekorasi hordeng terjadi di Jalan Pintu Air Raya, RT 006 RW 01, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (24/8/2022). 

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudin mengatakan dua karyawan yang menjadi korban jatuhnya lift berinisial DH (24) asal Jakarta dan HS (37) dari Pemalang, Jawa Tengah. 

"Untuk korban HS (37) alami patah tulang bagian pinggang, lalu inisial DH(24) saat dibawa kerumah sakit alami kritis, namun nyawanya tidak tertolong," ujar Komarudin, Kamis (25/8/2022).

Baca juga: Kembalikan Harkat Warga Bukit Duri, Anies Baswedan Resmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung

Komarudin menyebutkan, dugaan sementara lift jatuh karena kabel pengikat lift putus. 

"Kronologinya ada dua karyawan di sebuah toko jual hordeng, pada saat dua karyawan akan memindahkan barang berupa satu gulung kain dari lantai 4 ke lantai 1, begitu memasuki lift, tidak lama kemudian, secara tiba-tiba liftnya terjatuh dari lantai 4 sampai ke lantai 1," ucap Komarudin. 

Selain itu, Komarudin menuturkan korban yang meninggal, dari hasil pemeriksaan sementara, DH mengalami benturan yang menyebabkan luka dalam, dan tekanan nadinya juga rendah. 

Pantauan wartawan Wartakotalive.com di lokasi sekira pukul 17.50 WIB, Kamis (25/8/2022), toko tersebut sudah tertutup rapat tidak ada aktivitas. Hanya terlihat dua kendaraan truk berwarna kuning, dan satu motor matic honda beat saja. 

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved