Lifestyle

Lansia Kerap Kehilangan Selera Makan, Cenderung Alami Penurunan Kepekaan Indra Perasa

Peningkatan selera makan membantu dalam pemenuhan asupan gizi yang baik, yang berujung pada perbaikan kondisi fisik dan kualitas hidup lansia.

dok. Astra Life
Ilustrasi lansia. Pola hidup sehat di masa muda bisa menurunkan berbagai potensi dan risiko penyakit kritis yang juga turut berdampak pada kualitas hidup di masa lanjut usia. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Pemenuhan gizi yang baik harus dilakukan sepanjang usia.

Hal ini  untuk mewujudkan kualitas hidup yang baik sampai nanti. 

Seperti ungkapan menjadi tua adalah pasti, tetapi sehat di usia tua adalah pilihan.

Lansia (lanjut usia) harus tetap mendapatkan kualitas hidup yang meningkat. Salah satu peran penting kualitas hidup di usia lansia adalah pemenuhan gizi.

Peningkatan selera makan membantu dalam pemenuhan asupan gizi yang baik, yang berujung pada perbaikan kondisi fisik dan kualitas hidup lansia.

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat di tahun 2020, jumlah lansia di Indonesia meningkat sebesar 9,92 persen atau sebanyak 26,82 juta orang.

"Gizi menjadi bagian dari proses kesehatan dari Lansia”, ujar Dr. Toto Sudargo, M.Kes – Dosen Gizi Kesehatan, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gajah Mada Yogyakarta pada acara webinar “Peran Gizi dan Umami dalam Pencegahan Hipertensi dan Peningkatan Kualitas Hidup Lanjut Usia” belum lama ini.

Endang Patmintarsih, S.H, M.Si – Kepala Dinas Sosial DIY  mengatakan, seiring penambahan usia, lansia memiliki kemunduran, terutama dari sisi kesehatannya.

Namun berapapun usia seseorang, gizi yang baik diperlukan untuk tumbuh sehat.

Orang yang lanjut usia cenderung mengalami penurunan pada kepekaan indra perasa, sehingga kerap kehilangan selera makan.

Baca juga: Kekurangan atau Kelebihan dapat Ganggu Kesehatan, Ini Kecukupan Garam bagi Tubuh

Halaman
1234
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved