Kesehatan

Kenali Faktor Resiko Osteoarthritis, Peradangan Kronis Sendi Pada Tulang Rawan

PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mengedukasi masyarakat kenali peradangan kronis sendi atau osteoarthritis (OA).

Freepik.com
Ilustrasi peradangan sendi. Osteoarthritis (OA), yakni peradangan kronis sendi yang terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan yang bisa menyerang siapa saja. 

WARTAKOTALIVE.COM - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) mengedukasi masyarakat terkait osteoarthritis (OA), yakni peradangan kronis sendi yang terjadi karena adanya kerusakan pada tulang rawan. Gangguan kesehatan pada persendian ini tak hanya terjadi pada orang lanjut usia (lansia), namun juga bisa menyerang siapa saja.

“OA ini dapat terjadi pada siapa saja. Meskipun angka dominan OA ini terjadi pada wanita, namun siapa saja berisiko, seperti pada mereka yang berat badan berlebih, pola olahraga yang tidak mempertimbangkan bentuk tubuh, dan faktor genetik,” ujar Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk, dr. Meilisa Tiffani, seperti dikutip dalam keterangan resmi, Kamis (25//8/2022).

Dr. Meilisa juga menjelaskan, bahwa ada perbedaan antara ostoreoporosis dengan OA.

“OA adalah kerusakan pada tulang rawan, dan osteoporosis adalah berkurangnya densitas tulang atau tulang keropos,” kata dr. Meilisa.

Menurut dr. Meilisa, faktor berat badan berlebih akan semakin membebani lutut, terlebih pada wanita.

Di sisi lain, pola olahraga yang tidak disesuaikan dengan bentuk tubuh juga dapat berisiko merusak tulang rawan tubuh.

“Seperti pemilik berat badan berlebih yang memaksakan olahraga lompat-lompat dan berlari dimana beban tubuh bertumpu pada lutut atau satu kaki,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, penyakit OA ini bersifat degeneratif, karena terus terjadi dan mengalami perburukan seiring waktu.

Ketika ada kerusakan, akan terus terjadi kerusakan tanpa ada perbaikan. Apabila semakin berat, maka dapat menggaggu aktivitas atau fungsi menurunkan kualitas hidup.

Namun, jika dilakukan kegiatan atau aktivitas yang tepat, kondisi OA dapat dihindari. Di antaranya, dengan melakukan olahraga yang tepat dan sesuai, menggunakan alas kaki yang nyaman, hingga menjaga berat badan sesuai index massa tubuh dan konsumsi suplemen seperti glukosamin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved