Breaking News:

Sandiaga Uno Beri Bibit Kambing untuk Kemandirian Ekonomi Pesantren

Melalui program pemberdayaan ternak kambing diharapkan dapat mengembangkan potensi santri dan memenuhi kebutuhan pesantren.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Menparekraf Sandiaga Uno serahkan bibit kambing ke Ponpes Ruhama, Bogor 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno menghadiri pameran foto santripreneur di Pondok Pesantren Ruhama Al Fajar di Desa Citayam, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor, Rabu (24/8/2022).

Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh pondok pesantren di bidang ekonomi kreatif, dengan memamerkan hasil karya seni berupa foto hasil original dari para santri.

Sandiaga Uno mengatakan, melihat adanya kebangkitan ekonomi terutama ekonomi kreatif yang sekarang menjadi lokomotif dalam penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun ini.

Sandiaga juga memberikan hewan kambing kepada Pondok Pesantren ini.

Melalui program pemberdayaan ternak kambing diharapkan dapat mengembangkan potensi santri dan memenuhi kebutuhan pesantren.

Baca juga: Liga 1 2022/2023: Widodo C Putro Menjaga Psikologi Supaya Para Pemain Bhayangkara FC Tetap Fit

Pembina Yayasan Pondok Pesantren, Neno Warisman mengatakan program ini memberikan alternatif bagi santri dalam mengejar pendidikan sekaligus bisa memberikan bekal kewirausahaan. Selain itu, guna peningkatan inklusi keuangan mikro dan peluang usaha bagi masyarakat sekitar.

"Kita harus mencerdaskan anak-anak dengan kurikulum yang terbaik, tetapi anak-anak juga harus dibekali dengan enterpreuner skill yang harus dibiasakan serta upaya-upaya ekonomi yang dilakukan sehingga nantinya mereka mendalami agama jadi pengusaha yang paham agama," kata Neno dalam keterangan tertulis, Rabu (24/8/2022).

Turut hadir juga Wakil Ketua DPR RI yaitu Fadli Zon, dan juga pelawak sekaligus politikus Dedi Gumelar alias Miing.

Baca juga: VIDEO Pedagang di Senen Akui Harga Telur Tertinggi Sepanjang Sejarah

Salman Al Farisi selaku Ketua Yayasan pesantren menegaskan Sandiaga akan membuka peluang usaha melalui pasar susu kambing. Sehingga ini dapat mendongkrak perekonomian pondok pesantren.

"Tadi kita senang sekali Pak Sandiaga melihat peragaan memeras susu kambing, beliau tadi bilang nanti kita akan buka peluang bagaimana agar pasar susu kambing Citayam (SukaCita) bisa mendapat pasar yang lebih baik sehingga target yang diinginkan oleh pesantren bisa tercapai," tutur Salman.

Baca juga: VIDEO Olly Dondokambey Siap Gantikan Tjahjo Kumolo Jadi Menpan RB

Salman menyampaikan pengurusan kambing itu akan melibatkan para santri. Menurutnya, mereka dilatih untuk menjadi seorang digitalpreuneur.

"Untuk pemberdayaannya selain ada tenaga ahli yang ngerawat kambing ini, santri dilibatkan juga harapannya nanti mereka akan bisa jadi peternakan yang berhasil dan sukses juga," ucapnya.

Sebagian Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul Sambangi Pameran Fotografi di Pesantren Bogor, Sandiaga Uno Minta Fasilitas Kamera & Studio Ditambah

Sumber: Tribun Bogor
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved