Otomotif

Resmikan Toko Ke-1.000, Planet Ban Perkuat Pasar Servis dan Retail Ban Motor di Indonesia

Planet Ban resmikan toko ban dan suku cadang otomotif roda dua yang ke-1.000 di Perum Grand Cikarang City D12, Cikarang, Kabupaten Bekasi.

dok. Planet Ban
Planet Ban Resmikan Toko ke-1.000 yang berlokasi di Perum Grand Cikarang City D12, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (24/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM - PT Surganya Motor Indonesia (Planet Ban), meresmikan toko ban dan suku cadang otomotif roda dua yang ke-1.000 di Indonesia.

Terletak di Perum Grand Cikarang City D12, Cikarang, Kabupaten Bekasi, toko ke-1.000 ini menjadi bukti pertumbuhan pesat perusahaan sejak didirikan tahun 2011 melalui berbagai strategi bisnis termasuk diversifikasi lini usaha ke arah servis motor dan pengembangan produk mandiri yang telah dilakukan perusahaan, di luar penjualan ritel ban motor. 

Chief Executive Officer Planet Ban Andi Haryoko mengatakan, pembukaan toko ke-1.000 Planet Ban di Indonesia pada tahun 2022 menjadi sebuah pencapaian tersendiri bagi perusahaan, mengingat tantangan pandemi dan tantangan industri otomotif global yang sempat membatasi mobilitas masyarakat.

"Peresmian toko ke-1.000 ini menjadi momen yang spesial setelah mobilitas masyarakat kembali meningkat pasca pandemi," ungkap Andi dalam keterangan resmi, Rabu (24/8/2022).

Selain itu, di momen peresmian toko ke-1.000 Planet Ban juga meluncurkan kampanye #InovasiTanpaHenti untuk terus memperkuat komitmennya dalam mengembangkan ekosistem otomotif di Indonesia.

"Kesempatan ini juga kami jadikan momentum untuk meluncurkan komitmen #InovasiTanpaHenti dalam menghadapi tantangan terhadap pertumbuhan performa bisnis Planet Ban, dengan beragam inovasi dari segi peningkatan layanan maupun model bisnis, juga diversifikasi lini usaha diluar penjualan retail ban seperti jasa servis dan manufaktur Oli Xten, sehingga dapat menjaga konsistensi performa bisnis," tambah Andi. 

Menurutnya, dengan memastikan standar mutu layanan dan manajemen toko yang tetap terjaga, Planet Ban mampu mencatat lebih dari 1,5 juta motor (unik) yang telah diservis di toko-toko Planet Ban pada tahun 2021, dengan pertumbuhan rata-rata 86,7 persen Y.o.Y sejak Planet Ban pertama kali mengenalkan jasa servis di tahun 2018.

Tak hanya sampai disitu, dalam 5 tahun terakhir pun Planet Ban terus bertumbuh dengan angka pendapatan rata-rata pertahunnya (CAGR) tercatat sebesar 28,2 persen.

"Hal ini cukup fantastis, mengingat awal mula berdirinya Planet Ban berangkat dari kesuksesan sebuah bazaar ban motor sederhana, yang kemudian dikembangkan menjadi sebuah entitas bisnis mandiri yang fokus pada penjualan ban motor secara retail," ucap Andi.

Berawal dari kesuksesan konsep private brand pada komersialisasi ban, Planet Ban mulai fokus mengembangkan produk-produk pendukung gaya hidup pengendara lain nya di penghujung tahun 2018 seperti oli, servis dan sparepart, secara mandiri.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved