Harga Telur

Harga Telur Naik Rp 30.000 Per Kg, Penjual Kue Kering Rumahan di Grogol Utara Pasrah

Pengusaha kue kering rumahan, Susanah (42) mengaku pasrah dengan kenaikan harga telur ayam.

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Penjual kue kering rumahan, Susanah (42) sedang membuat adonan, Grogol Utara, Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Rabu (24/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, KEBAYORAN LAMA - Pengusaha kue kering rumahan, Susanah (42) mengaku pasrah dengan kenaikan harga telur ayam.

"Biasanya itu saya beli harganya Rp 27.000 per kilogramnya. Tapi sejak minggu kemarin naik harganya jadi Rp 30.000 per kilogram," ujar Susanah, Rabu (24/8/2022).

Saat ditemui di kediamannya daerah Grogol Utara, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Susanah menginformasikan bahwa kenaikan harga telur tidak berpengaruh terhadap harga jual kue-kue keringnya.

Susanah mengatakan beberapa kue kering yang ia produksi adalah kue kering keju, kue kering kacang tanah, kue kering putri salju, dan lain-lain.

Lebih lanjut Susanah menjelaskan bahwa ia memproduksi kue kering berdasarkan pesanan saja.

Baca juga: Pengusaha Warteg di Jakarta Kaget saat Beli Telur, Harga Tembus Rp 33.000 per Kg

"Dalam satu hari biasanya bisa ada pesanan hingga lima toples. Kalau harganya itu ya Rp 25.000 per toplesnya," ujar Susanah.

Selain kue kering, ternyata Susanah juga menjual nasi uduk. Di mana telur juga menjadi salah satu lauknya.

Karena memang telur menjadi salah satu bahan baku dalam membuat adonan kue kering, dan telur juga merupakan lauk untuk nasi uduk.

Kenaikan harga telur membuat Susanah bingung. Ia bingung karena apabila harga jual kue kering dan nasi uduk dinaikkan, khawatir akan kehilangan pembeli.

Baca juga: Harga Telur Naik hingga Rp 5.000 per Kg, Ini Penyebabnya Menurut Perunggasan Indonesia

Akhirnya Susanah memutuskan untuk menjual dengan harga yang sama.

"Jadi saya emang enggak naikin harga jual kue kering dan nasi uduknya. Saya berkorban untungnya jadi lebih sedikit. Daripada saya kehilangan pelanggan," ujar Susanah.

Dilansir dari Kompas.com, Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan menilai kenaikan harga telur ayam yang saat ini terjadi belum seberapa.

Oleh karenanya, ia meminta masyarakat agar tidak ambil pusing dan jangan meributkan persoalan kenaikan harga telur.

"Oh itu (harga telur ayam naik) enggak seberapa kok. Jangan diributkan ya," ujar pria yang akrab dipanggil Zulhas di Jakarta, Selasa (23/8/2022).

Sebagai informasi, berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), saat ini harga telur ayam saat dibanderol Rp 30.850 per kilogram. (m36) 

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved