Road to JMFW 2023, Mendag Zulkifli Hasan Dorong Kearifan Lokal Kuasai Pasar Global

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong agar kearifan lokal menguasai pasar global salah satunya di sektor fesyen muslim saat road to JMFW 2023.

Istimewa
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong agar kearifan lokal dan keragaman budaya dapat menguasai pasar global salah satunya di sektor fesyen muslim Indonesia saat acara Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, Selasa (23/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Road to Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023, bertajuk "From Local Wisdom to Global Inspiration" dilakukan di Kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (23/8/2022).

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong agar kearifan lokal dan keragaman budaya dapat menguasai pasar global salah satunya di sektor fesyen muslim Indonesia.

“Dengan potensi keragaman budaya, kearifan lokal, serta SDM yang dimiliki Indonesia, kita tidak hanya mampu menginspirasi dunia, tapi juga bisa menguasai pasar global,” ujar Zulfikli, berdasarkan keterangan tertulis.

Beragam kain tradisional Indonesia dengan nilai filosofis dinilai mampu menjadi sumber kreativitas bagi para desainer maupun pelaku usaha fesyen muslim Indonesia yang tidak dimiliki negara lain.

Baca juga: Zulkifli Hasan Pimpin Delegasi Dagang ke India dengan Kerja Sama 3,2 Miliar Dolar Amerika

“Ini lah yang menjadi kunci untuk mewujudkan Indonesia sebagai sebagai kiblat fesyen muslim dunia pada tahun 2024,” tegas Zulkifli.

Selain itu Zulkifli menjelaskan terdapat dua faktor yang mendorong supaya kiprah Indonesia lebih besar lagi di sektor fesyen muslim dan modest fashion karena potensinya yang sangat besar.

Faktor pertama tentu saja populasi muslim dunia setara 25 persen total populasi dunia. Bahkan pada tahun 2060 nanti, jumlahnya diprediksi meningkat menjadi 30 persen populasi global.

Faktor kedua, daya beli produk modest fashion meningkat 6,1 persen dalam empat tahun terakhir dan diperkirakan terus meningkat sejalan dengan pertumbuhan jumlah konsumen/populasi.

Baca juga: Zulkifli Hasan: Politik Identitas Sudah Tidak Relevan, Sama Sekali Tak Menguntungkan Rakyat

Secara khusus, Zulkifli akan mengundang para pelaku usaha di bidang fesyen, khususnya fesyen muslim Indonesia untuk duduk bersama maupun berdiskusi menyikapi potensi besar ini.

“Pasar dalam negeri itu penting, tapi ini saatnya untuk ‘go global’. Kementerian Perdagangan siap mendukung penuh upaya menjadikan Indonesia sebagai kiblat muslim dunia,” urai Zulkifli.

JMFW platform yang dibentuk Kementerian Perdagangan melalui Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia untuk mengembangkan fesyen muslim Indonesia.

Road to JMFW 2023 dimulai sejak April hingga September 2022 melalui berbagai kegiatan. Ini menjadi salah satu bentuk komitmen Kementerian Perdagangan mendorong jenama fesyen muslim Indonesia untuk bisa menembus pasar ekspor.

Adapun puncak penyelenggaraan JMFW tahun ini akan dilaksanakan pada 20-22 Oktober 2022 dan bersamaan perhelatan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 Tahun 2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved