Kuliner

Menikmati Kuliner Tradisional Tiongkok Kembang Tahu Hangat di Margonda Depok

Menikmati kuliner hangat Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng di Margonda Depok.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Gerai pertama Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng berentuk tenda yang berada di pinggir jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat. 

WARTAKOTALIVE.COM, MARGONDA - Kuliner minuman tradisional tahwa atau wedang tahu atau kembang tahu, dengan kuah jahe hangat sudah jarang ditemukan di sejumlah kota besar.

Padahal, kuliner minuman tradisional asal Tiongkok ini memiliki khasiat bagi tubuh, diantaranya dapat menurunkan risiko diabetes, menurunkan kolesterol, dan buat kamu yang sedang diet makanan ini cocok buatmu karena kandungan proteinnya yang tinggi. 

Namun di Depok Jawa Barat ada satu gerai Kembang Tahu yang hingga kini mampu bertahan ditengah gempuran sejumlah kedai minuman kekinian yang beredar di Kota Depok.

Namanya adalah Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng. Sang pemilik bernama Tjiu Tjok Seng atau kerap disapa Koh Aseng ini sudah membuka gerai Kembang Tahu Special Pontianak Aseng di Margonda Depok sejak tahun 2008.

Menurut Ko Aseng penamaan gerai Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng karena dirinya lahir di kota Pontianak, Kalimantan Barat.

“Sebenarnya kalau kembang tahu dimana-mana ada, di Surabaya juga ada, nama Pontianak ini karena saya asalnya dari Pontianak,” ujar Koh Aseng kepada Wartakotalive.com, Senin (22/8/2022).

Gerai Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng memiliki dua konsep gerai. Pertama berbentuk tenda kaki lima berada di depan sebuah toko bangunan (matrial) pinggir Jalan Margonda Raya-Depok, Jawa Barat atau tepatnya di seberang gang kober Stasiun Universitas Indonesia. Gerai ini hadir sejak tahun 2008. 

Kemudian gerai kedua berbentuk kedai yang berada di pinggir jalan Margonda Raya (gang kober Stasiun Universitas Indonesia)  tepatnya di samping Apartemen Taman Melati Margonda

Gerai kedua Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng yang berbentuk kedai di jalan Margonda Raya Depok, Jawa Barat.
Gerai kedua Kembang Tahu Spesial Pontianak Aseng yang berbentuk kedai di jalan Margonda Raya Depok, Jawa Barat. (Wartakotalive.com/Mochammad Dipa)

“Sejak 2008 sudah buka disini sampai sekarang. Terus baru beberapa bulan ini saya sewa ruko di samping gang kober UI, disana yang jagain anak saya. Jadi ada dua sekarang, di depan matrial ini dan yang disamping gang kober,” ungkapnya.

Menurut Koh Aseng, di awal ia berjualan hanya menyajikan kembang tahu jahe saja. Kemudian setahun usahanya berjalan, mulai banyak konsumen meminta dibuatkan varian dari kembang tahu.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved