Polisi Tembak Polisi

Polri Bakal Berikan Pendampingan Psikologis kepada Anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi

Dedi belum memastikan kapan pendampingan psikologi itu akan diberikan kepada anak-anak Ferdy Sambo dan Putri.

Editor: Yaspen Martinus
Istimewa
Kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang menjadikan Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi sebagai tersangka, berdampak terhadap keempat anaknya. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat yang menjadikan Irjen Ferdy Sambo dan istrinya, Putri Candrawathi sebagai tersangka, berdampak terhadap keempat anaknya.

Sejumlah desakan muncul agar anak-anak kedua tersangka itu diberikan perlindungan, terutama pendampingan psikologis, buntut dari penetapan orang tua mereka sebagai tersangka.

"Nanti dari SDM (Biro Sumber Daya Manusia) tentunya yang akan memberikan pendampingan psikologi dan lain-lain," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dihubungi, Senin (22/8/2022).

Meski begitu, Dedi belum memastikan kapan pendampingan psikologi itu akan diberikan kepada anak-anak Ferdy Sambo dan Putri.

"(Intinya) dari SDM (untuk pendampingan) psikologi," ucapnya.

Sebelumnya, Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI ) meminta agar Polri memberikan perlindungan kepada anak-anak Irjen Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi, tersangka kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Baca juga: Tak Profesional Tangani Kasus Brigadir Yosua, Bekas Kapolres Jaksel Ditahan di Tempat Khusus

Ketua LPAI Seto Mulyadi yang biasa disapa Kak Seto, meminta agar anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi dipisahkan dari kasus yang menjerat orang tuanya.

Terlebih lagi, Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi masih memiliki anak di bawah umur.

Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi memiliki empat anak yang masing-masing berusia 21 tahun, 17 tahun, 15 tahun, dan 1,5 tahun.

Baca juga: Ini Peran Putri Candrawathi di Kasus Pembunuhan Brigadir Yosua, Menggiring Hingga Janjikan Uang

Karena itu, Kak Seto meminta Polri memberikan perlindungan kepada anak-anak Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi.

"Dalam hal ini, saya mohon lembaga Polri sendiri bisa tetap melindungi anak dari keluarga Polri yang mungkin sedang bermasalah," pintanya.

Sementara, Komisioner KPAI Retno Listyarti meminta masyarakat menghentikan perundungan dan stigmatisasi terhadap anak tersangka pembunuhan Brigadir J, Ferdy Sambo dan Putri Chandrawati.

Baca juga: Cacar Monyet Menular Lewat Kontak Fisik Setelah Ruam Muncul, Tak Segampang Covid-19

Menurut Retno Listyarti, anak Ferdy Sambo dan Putri Chandrawati tersebut tidak bersalah, dan sudah seharusnya dilindungi dari berbagai bentuk kekerasan, baik kekerasan verbal, fisik, psikis maupun siber.

"KPAI mengimbau untuk siapapun tidak mem-bully anak-anak Ferdy Sambo."

"Mereka tidak bersalah dan kemungkinan besar tidak pernah mengetahui rencana pembunuhan yang dilakukan kedua orang tuanya."

"Jadi sangat tidak adil jika mereka jadi sasaran bully dengan dalih sanksi sosial," ucap Retno Listyarti melalui keterangan tertulis, Senin (22/8/2022). (Abdi Ryanda Shakti)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved