Banjir Jakarta

Hasil Survei ICRC, Jakarta Masih Terendam, Warga Puas pada Penanganan Banjir Anies Baswedan

Survei ICRC sedikit membingungkan masyarakat, karena menyebut mayoritas warga Jakarta puas pada penanganan banjir, meski ibu kota masih terendam.

Warta Kota/ Indri Fahra Febrina
Gubernur DKI Anies Baswedan mendapat penilaian yang bagus dari sebuah lembaga survei ICRC. Menurut survei, mayoritas warga puas pada penanganan banjir. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hasil survei Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) cukup mengejutkan.

Ternyata mayoritas warga Jakarta puas pada semua pencapaian Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, meski hasilnya tak maksimal.

Survei ICRC dilakukan pada 20 hingga 30 Juli 2022, yang melibatkan ribuan responden.

Saat pemaparan hasil survei tersebut, hadir beberapa tokoh yang ikut memberikan pandangan diantaranya: cendekiawan Rocky Gerung; politisi Mohamad Taufik; dan  Direktur ALINSAN (Relawan Anies Baswedan) Legisan S Samtafsir.

Temuan ICRC mendapati bahwa selama lima tahun memimpin DKI Jakarta, mayoritas masyarakat puas atas kinerja Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta sebesar 76,9 persen. 

Alasan utama masyarakat, kepuasaan tersebut tertuju pada faktor-faktor seperti kinerja bagus 26,5 persen, Jakarta lebih rapi 12,6 persen, banyak perubahan 12,6 persen, Anies orangnya pintar 10,4 persen, Anies orangnya ramah 9,7 persen, terbukti hasil kerjanya 8,1 persen, dan pembangunan Jakarta International Stadium 5,8 persen.

Namun, sedikit janggal soal penanganan banjir di DKI Jakarta.

Baca juga: Atasi Banjir Jakarta, Pemprov DKI Siapkan 9 polder, 4 Waduk, dan 2 Sungai

Publik pun tahu, Jakarta belum bebas banjir. Sejumlah lokasi masih terendam hingga satu meter.

Akan tetapi, survei ICRC menunjukkan 59,5 persen responden puas pada penanganan banjir.

Mereka mengungkapkan bahwa Pemprov DKI Jakarta berhasil dalam menangani permasalahan banjir.

Sementara itu, yang mengungkapkan tidak berhasil sebesar 29,3 persen, sedangkan yang mengungkapkan tidak tahu atau tidak menjawab sebesar 11,1 persen.

Baca juga: Prasetyo Edi Nilai Wajar Korban Banjir Jakarta Gugat Gubernur Anies Baswedan ke PTUN

“Jika Presiden Jokowi pernah menjabat sebagai Gubenur DKI sebentar dapat membawa bukti realisasi pembangunan infrastruktur yang baik,” kata Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, Minggu (21/8/2022).

“Anies Baswedan pun memiliki kesempatan yang lebih potensial memberikan dampak lebih signifikan jika dirinya mendapuk jabatan kepemimpinan yang lebih tinggi di kemudian hari,” imbuhnya.

Sementara Rocky Gerung mengatakan kepuasan pada hasil kinerja Anies erat kaitannya dengan karakter pribadinya. 

Bagi dirinya nilai elektabilitas tidak lebih penting dari kecakapan pribadi secara etik di depan masyarakatnya.

“Berkat tangan Anies Baswedan, kota ini (Jakarta) menjadi kota metropolitan sekaligus kota yang berpikir, yang mesti kita pamerkan adalah intelektualitas dan moralitas bukan sebatas elektabilitas saja,” ujar Rocky.

Banjir di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, dilihat dari ketinggian.
Banjir di Jalan Jatinegara, Jakarta Timur, dilihat dari ketinggian. (Warta Kota/Alex Suban)

Sementara itu, politisi Mohamad Taufik menjelaskan hasil survei tersebut relevan dengan kondisi saat ini di DKI Jakarta. 

Menurutnya, ada kepuasan masyarakat dengan penopangan fasilitas dan akses yang membuat lingkungan hidup di Jakarta baik dan lebih mudah.

“Saya tinggal di Jakarta dari kecil, jadi saya tahu perbedaan dari semua perubahan hasil kepemimpinan Gubenur di DKI Jakarta,” ujar Taufik.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved