Kabar Duka

Pesan Hermanto Dardak Ini Selalu Diingat Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih mengingat pesan yang pernah disampaikan Hermanto Dardak semasa hidupnya agar bekerja di PU dengan bernilai.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Junianto Hamonangan
Warta Kota/Ramadhan L Q
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono masih mengingat pesan yang pernah disampaikan Hermanto Dardak semasa hidupnya agar bekerja di PU dengan bernilai di TMP Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, PANCORAN - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengingat betul pesan yang pernah disampaikan oleh Achmad Hermanto Dardak semasa hidupnya.

Pesan tersebut, ujar Basuki, yakni agar dapat menjadi 'Orang PU', bukan hanya orang yang bekerja di PU tanpa ada value atau nilai.

"Jadi beliau memang, ada istilah jangan jadi orang yang bekerja di PU, yang tanpa value," ujarnya kepada wartawan, usai prosesi pemakaman di TMP Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022) pagi.

"Tapi jadilah orang PU. Jadi walaupun sudah pensiun tetap jadi orang PU," sambung Basuki yang mengenakan kopiah, jas, serta celana panjang hitam dan kemerja putih itu.

Baca juga: Bingkai Foto Berukuran Besar Jadi Firasat bagi Emil Dardak Sebelum Hermanto Dardak Meninggal Dunia

Dalam perjalanan karirnya di pemerintahan, Hermanto Dardak pernah memegang sejumlah jabatan. Satu di antaranya adalah sebagai Kepala Biro Perencanaan Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum.

"Beliau bekerja, karena saya mengikuti karier beliau. Beliau jadi Kepala Biro Perencanaan, saya menggantikan beliau. Jadi memang bekerjanya juga seperti yang disampaikan oleh puteranya tadi, sering doktornya bukan karena doktor akademis, tapi mondok di kantor," kata Basuki.

"Sampai akhir hayatnya beliau masih sebagai ASN PUPR. Terakhir strukturalnya sebagai Wamen (Wakil Menteri) PU. Dan pada saat kabinet Indonesia Kerja, beliau jadi kepala salah satu pejabat eselon 1 di PU," lanjut dia.

Diketahui, Hermanto Dardak dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2022).

Baca juga: Kenangan Terhadap Sang Ayah Hermanto Dardak, Emil Dardak: Kalau Dibelek Darahnya Ada PU

Pantauan di lokasi, iring-iringan jenazah Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) dalam Kabinet Indonesia Bersatu II periode 2010 hingga 2014 itu tiba di Blok Z sekitar pukul 08.18 WIB.

Jenazah dituntun dari pintu masuk TMP Kalibata dan dikawal oleh prajurit TNI AD berseragam loreng dengan senjata laras panjang. Sementara itu, tampak para keluarga berbaris di belakang jenazah.

Ada sang anak Emil Dardak serta istri Emil, Arumi Bachsin yang mengenakan pakaian serba hitam. Adapun upacara pemakaman dimulai pukul 08.24 WIB. Upacara pemakaman dipimpin oleh Menteri PUPR, Basuki Hadimoeldjono sebagai inspektur upacara.

Sejumlah tokoh turut hadir di upacara pemakaman, selain Menteri PUPR Basuki Hadimoeldjono serta jajaran kementerian.

Yakni Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Prawansa, hingga Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sang istri Annisa Pohan.

Baca juga: Ayah Emil Dardak Meninggal Dunia, Anies Baswedan: Kita Kehilangan Putra Terbaik Bangsa

AHY mengenakan jas berwarna hitam, sedangkan Annisa Pohan menggunaian pakaian berkelir putih. Upacara pemakaman berakhir sekitar pukul 09.00 WIB.

Achmad Hermanto Dardak meninggal dunia dalam kecelakaan di ruas Tol Pemalang-Batang KM 341+400 arah Jakarta pada Sabtu sekitar pukul 03.25 WIB.

Kecelakaan terjadi saat mobil yang ditumpangi ayah Emil Dardak tersebut menempuh perjalanan masuk dari Gerbang Tol Kalikangkung.

Saat di tempat kejadian, sopir mobil Innova diduga mengantuk sehingga menabrak bagian belakang truk yang ada di depannya. Achmad Hermanto Dardak berada dalam kendaraan Innova bersama sang sopir.

"Saya tentu masih kaget mendengar kabar ini tadi pagi dan baru mendarat di Jakarta," ujar Emil. (m31)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved