Jogging Track

Jogging Track Taman Kolaborasi Duren Sawit Diharapkan Jadi Ruang Ketiga Ramah Lingkungan

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meresmikan Jogging Track Taman Kolaborasi yang berada di Komplek IKIP Duren Sawit.

Sumber foto:PPID DKI Jakarta
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meresmikan jogging track di Komplek IKIP Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (21/8/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, DUREN SAWIT - Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria meresmikan Jogging Track Taman Kolaborasi yang berada di Komplek IKIP Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur pada Minggu (21/8/2022) pagi. 

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak, juga masyarakat sekitar yang telah berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melaksanakan revitalisasi 'Jogging Track' Taman Kolaborasi. 

Sehingga hadir sebuah ruang ketiga yang ramah bagi anak-anak, remaja, lansia, disabilitas, serta ramah lingkungan.

Ariza menilai, kehadiran ruang ketiga di tengah masyarakat tidak kalah penting dengan ruang pertama dan kedua.

"Kehadiran taman ini sebagai ruang ketiga mengedepankan konsep kolaborasi antara pemerintah sebagai kolaborator dan warga sebagai 'co-creator' yang bersama-sama melaksanakan pembangunan kota Jakarta yang berkelanjutan," ujar pria yang akrab dipanggil Ariza dilansir dari PPID DKI Jakarta, Minggu (21/8/2022).

Ariza menjelaskan bahwa salah satu aspek paling mendasar dalam kehidupan yang harus dikerjakan dengan pendekatan gerakan dan kolaborasi adalah pengelolaan lingkungan. 

Antara lain melalui penyediaan ruang publik sebagai ruang ketiga yang setara dan mengundang interaksi warga.

Pengembangan ruang ketiga di Jakarta terus dilakukan. Salah satu upayanya adalah melalui pembangunan taman dan fasilitas umum. 

Oleh karena itu, revitalisasi 'Jogging Track' Taman Kolaborasi yang dilakukan oleh warga secara swadaya telah mendukung program pengembangan ruang ketiga di Jakarta. 

Menurut Ariza, kolaborasi itulah yang akan selalu menguatkan sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam pembangunan Jakarta yang berkelanjutan.

"Saya berharap agar fasilitas 'Jogging Track' yang telah dibangun oleh warga, harus dimiliki dan dirawat oleh warga secara bersama-sama agar memberikan manfaat baik bagi kehidupan warga," ujar Ariza.

Di samping itu, Ariza menjelaskan bahwa selain sebagai tempat berinteraksi dan bersosialisasi, 'Jogging Track' Taman Kolaborasi Komplek IKIP dinilai dapat mendukung gaya hidup sehat masyarakat sekitar.

Ia menambahkan, pola hidup sehat dimulai dari pikiran jernih, hati yang bersih, makan makanan yang sehat, tidur yang cukup dan tentunya juga harus dibarengi dengan olahraga; 'Mensana in Corporesano', dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat pula.

Baca juga: Ariza Sebut Jogging Track Taman Kolaborasi Komplek IKIP Bisa Dukung Gaya Hidup Sehat Masyarakat

"Saya meyakini, fasilitas taman dan jogging track ini akan memberikan manfaat bagi kesehatan dan kebugaran warga yang bermukim di kawasan ini, terutama untuk olahraga lari, jalan cepat ataupun berlari kecil ('jogging')," ujar Ariza.

Ariza mengatakan, apa yang dibuat dan dikolaborasikan dengan masyarakat di Komplek IKIP adalah sesuatu yang sangat baik bagi lingkungan sekitar. (m36)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved