Berita Jakarta

Pemprov DKI Dukung Perdagangan Berbasis Digital Lewat Pembayaran SIAP QRIS

Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh perluasan perdagangan berbasis digital, termasuk pengembangan sistem pembayaran digital

dok. PPID DKI Jakarta
Ahmad Riza Patria saat menghadiri launching program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai Quick Response Code Indonesian Standart (SIAP QRIS) di Gedung Sarinah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (19/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, MENTENG - Pemprov DKI Jakarta mendukung perluasan perdagangan berbasis digital.

Salah satunya melalui program Sehat, Inovatif, dan Aman Pakai Quick Response Code Indonesian Standart (SIAP QRIS) yang dilaunching di Gedung Sarinah, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (19/8/2022).

“Pemprov DKI Jakarta mendukung penuh perluasan perdagangan berbasis digital, termasuk pengembangan sistem pembayaran digital (digital payment) berbentuk QRIS yang diimplementasikan oleh Bank Indonesia bersama para penyedia jasa pembayaran (PJP),” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria berdasarkan keterangannya pada Sabtu (20/8/2022).

Ariza mengatakan, Pemprov DKI Jakarta melalui Bank DKI siap berperan aktif dalam mendukung inisiatif SIAP QRIS Bank Indonesia untuk transaksi pembayaran menggunakan QRIS.

Layanan ini dapat digunakan di pasar-pasar, toko-toko kelontong yang tersebar sampai pelosok kampung dan perumahan.

Baca juga: Wisatawan di Indonesia Semakin Minat Menggunakan Transaksi Lewat QRIS

“Kesetaraan dalam menggunakan QRIS juga bisa dinikmati oleh seluruh warga masyarakat Jakarta, salah satunya dengan uang elektronik JakOne Pay dan aplikasi JakOne Mobile dari Bank DKI.

Melalui penggunaan QRIS diharapkan akan mendisiplinkan metode pembayaran dan mempercepat transformasi ekonomi digital di Indonesia,” jelas Ariza.

Dia berharap kolaborasi yang telah terjalin antara Pemprov DKI Jakarta dengan Bank Indonesia dan juga para pemangku kepentingan lainnya akan semakin kuat.

Terlebih dalam rangka pemulihan pasca pandemi di segala sektor kehidupan, terutama sektor perekonomian.

“Sumber pertumbuhan utama adalah konsumsi rumah tangga seiring dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, yang didukung oleh semakin terkendalinya kasus Covid-19 dan akselerasi vaksinasi di Jakarta. Kondisi tersebut secara bertahap akan menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat dan meningkatkan permintaan domestik,” ujarnya.

Baca juga: Bank DKI Dukung Pembayaran Non Tunai SIAP QRIS di Pasar Kedoya

Menurutnya, penggunaan QRIS sangat efektif dan mempermudah dalam bertransaksi.

Selain itu metode pembayaran ini sesuai dengan semangat penegakan protokol kesehatan yang mengutamakan higienitas, efisiensi dan minim kontak; sekaligus sebagai bentuk pendisiplinan metode pembayaran yang aman.

“Hal ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku usaha di tengah masa pandemi termasuk pelaku UMKM di Jakarta,” ucap mantan anggota DPR RI Fraksi Gerindra ini.

Dia menambahkan, pandemi menjadi momentum untuk tetap menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat di tengah pembatasan sosial.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved