PSI Kritik Klaim Anies Baswedan Penuhi Janji Politik Terkait Hunian DP 0 Rupiah

Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengkritisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengklaim telah memenuhi janji politiknya terkait hunian DP 0 Rupiah.

Warta Kota/M. Rifqi Ibnumasy
Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta mengkritisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mengklaim telah memenuhi janji politiknya terkait hunian DP 0 Rupiah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tentang program rumah DP 0 rupiah hanya salah satu dari program hunian di Jakarta, dikritisi.

Bahkan Anies mengklaim program rumah lainnya telah berhasil dilakukan pemerintah daerah.

“Pak Anies lupa bahwa rumah DP 0 rupiah itu merupakan janji kampanyenya dari dulu, dan itu yang digaung-gaungkannya. Alhasil, sampai saat ini belum ada realisasinya, bahkan masih di bawah dua persen dari 300.000 unit rumah yang ditargetkan,” kata Sekretaris Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta August Hamonangan berdasarkan keterangannya, Jumat (19/8/2022).

August yang merupakan anggota Komisi D DPRD DKI juga melihat, di masa akhir jabatan Gubernur DKI Jakarta, Anies seolah memamerkan hasil kerja yang sesuai dengan janji kampanyenya.

Baca juga: Resmikan 12 Rusunawa, Anies Baswedan Minta Penghuni Rusunawa Ciptakan Ketenangan dan Kenyamanan

Padahal yang dipamerkan tidak sesuai dengan apa yang diwacanakan saat pilgub kemarin.

Kata dia, Anies mengklaim pada 2018-2022 telah membangun 33 tower rusunawa yang menghasilkan 7.419 unit. Kemudian baru akan meresmikan 3.060 unit program DP 0 Rupiah pada bulan September 2022.

“Dari angkanya saja, jauh sekali dari target yang ingin dicapai, belum lagi syarat untuk mendapatkan rumah DP 0 Rupiah sulit dicapai warga Jakarta, karena syarat nilai batas atas penghasilan yang begitu tinggi,” ujarnya.

August juga mengomentari tentang minimnya fasilitas umum di rusunawan yang telah berdiri. Hal itu didapatkannya saat melakukan sidak di Rusunawa Penggilingan, Jakarta Timur beberapa waktu silam.

Baca juga: Klaim Lunasi Janji Politik, Gubernur Anies Baswedan Resmikan 12 Lokasi Rusunawa Jakhabitat

“Sudah berkali-kali kami ingatkan untuk melengkapi fasilitas umum di rusunawa. Supaya penghuni mudah mengakses perolehan air bersih, rumah/ruang ibadah yang layak bagi semua agama dan kepercayaan, pemberian kesempatan yang sama bagi semua warga DKI khususnya yang berpenghasilan rendah, juga fasilitas bagi difabel,” jelasnya.

Seperti diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengklaim, janji kampanyenya saat Pilkada 2017 telah tuntas satu per satu. Salah satu janji kampanye itu adalah program hunian, khususnya pembangunan rusunawa.

“Alhamdulillah satu-satu (janji kampanye) tuntas dan inilah salah satunya (tuntas),” ujar Anies saat peresmian 12 Rusunawa Jakhabitat di Rusunawa Penjaringan, Jakarta Utara pada Jumat (19/8/2022). (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved