Finansial

Flip Gelar Kegiatan Literasi Keuangan, Sasar Ibu Rumah Tangga di Rusunawa Marunda

Para ibu rumah tangga di Rusunawa Marunda mendapatkan kegiatan literasi keuangan yang digelar oleh Flip.

dok. Flip
Flip menggelar kegiatan literasi keuangan dengan menyasar para ibu rumah tangga di Rusunawa Marunda, Jumat (12/8/2022) lalu. 

WARTAKOTALIVE.COM, MARUNDA - Literasi keuangan masih digaungkan ke berbagai lapisan masyarakat oleh pemerintah. Kelompok ibu rumah tangga menjadi fokus dalam peningkatan literasi keuangan.

Berdasarkan survei nasional Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019, tingkat literasi dan inklusi keuangan laki-laki sebesar 39,94 persen dan 77,24 persen, relatif lebih tinggi dibanding perempuan sebesar 36,13 persen dan 75,15 persen.

Melihat survei tersebut, pemerintah juga mendorong berbagai pemangku kepentingan untuk melakukan literasi keuangan dan menargetkan inklusi keuangan Indonesia naik hingga 90 persen pada tahun 2024.

Oleh karena itu, perusahaan teknologi keuangan Indonesia, Flip mengadakan kegiatan literasi keuangan, memberikan edukasi tentang pentingnya melek keuangan.

Kali ini Flip menyasar para ibu rumah tangga yang berada di kawasan rumah susun sederhana sewa (Rusunawa) Marunda, yang termasuk dalam kelompok Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Flip menggelar kegiatan literasi keuangan ke ibu rumah tangga di rusunawa Marunda
Flip menggelar kegiatan literasi keuangan dengan menyasar para ibu rumah tangga di Rusunawa Marunda, Jumat (12/8/2022) lalu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan literasi keuangan berupa pengetahuan, keterampilan, dan keyakinan dalam mengelola keuangan pribadi dan rumah tangga dengan lebih baik.

Selain itu, para peserta juga memperoleh informasi tentang inklusi keuangan berupa informasi akses terhadap layanan keuangan formal yang berkualitas dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Flip dan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Rumah Susun (UPRS) II dilangsungkan Jumat, 12 Agustus 2022 lalu.

Corporate Communications Lead Flip, Reza Marta Fawzy mengatakan, bagi Flip, kegiatan edukasi untuk ibu rumah tangga ini sangatlah penting.

Sebagian besar ibu rumah tangga berperan sebagai perencana dan pengatur keuangan keluarga. Bahkan, sekitar 85 persen aktivitas belanja keluarga, seperti belanja bulanan dan keputusan pembelian kebutuhan keluarga lainnya, diatur oleh seorang istri atau ibu di rumah.

“Oleh karena itu, bagi Flip  literasi keuangan untuk perencanaan keuangan yang baik bagi kesejahteraan keluarga mutlak menjadi suatu keharusan,” ujar Reza dalam keterangan resmi, Jumat (19/8/2022)

Menurut Reza, ketika pemahaman mengenai literasi keuangan pada ibu rumah tangga sudah terealisasi, maka skema penggunaan uang akan lebih efisien.

Flip menggelar kegiatan literasi keuangan
Flip menggelar kegiatan literasi keuangan dengan menyasar para ibu rumah tangga di Rusunawa Marunda, Jumat (12/8/2022) lalu.

Misalnya, menggunakan Flip biaya admin untuk transfer antarbank tak dipungut lagi, itu bisa dikumpulkan untuk membeli beras sampai menabung biaya kebutuhan sekolah anak.

“Ke depannya, kita harapkan ibu-ibu bisa kita kumpulkan lagi di tempat ini, ada enam sesi lagi dengan topik yang berbeda. Kami ingin dampaknya tidak hanya sekali, tapi berkelanjutan.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved