HUT RI

SBY: Generasi Bangsa Kita akan Tetap Tangguh dan Berdaya Juang, Dirgahayu Indonesia!

Indonesia, kata SBY, saat itu tidak panik dan tidak menyalahkan keadaan. Sebaliknya, Bangsa Indonesia justru bersatu dan bekerja sama.

Editor: Yaspen Martinus
Tribunnews.com
Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, sejak merdeka hingga sekarang, Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengatakan, sejak merdeka hingga sekarang, Indonesia merupakan bangsa yang tangguh, pantang menyerah, dan memiliki daya juang yang kuat.

Hal itu ia rasakan saat menjadi Presiden dari 2004 hingga 2014. SBY mengatakan terdapat dua peristiwa di mana Bangsa Indonesia tangguh dan pantang menyerah. Pertama, saat bencana tsunami 2004 silam.

“Sebagai Presiden tentu saya menjalankan kepemimpinan dan manajemen krisis."

"Saya mencatat kebersamaan dan kerja keras kita dulu sungguh luar biasa besarnya."

"Akhirnya alhamdulillah bencana bisa kita atasi, dan semua daerah yang terkena bencana bisa kita bangun kembali,” katanya, dikutip dari Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Kedua, kata SBY, saat Indonesia terdampak krisis ekonomi global pada 2008 dan 2009.

Baca juga: Jika 16 Parpol yang Persyaratannya Tak Lengkap Menggugat, KPU Serahkan kepada Bawaslu

Indonesia, kata SBY, saat itu tidak panik dan tidak menyalahkan keadaan. Sebaliknya, Bangsa Indonesia justru bersatu dan bekerja sama.

“Kita bersatu dan bekerja bersama, mulai dari pemerintah pusat, dan pemerintah daerah, para ekonom, para pelaku bisnis, para organisasi pekerja, pers dan media, dan masyarakat luas. Itulah kebersamaan kita, persatuan kita,” paparnya.

Daya juang tersebut menurutnya membuahkan hasil, ekonomi tumbuh rata-rata 6 persen, dan kesulitan rakyat bisa dikurangi secara signifikan.

Baca juga: LPSK Bilang Upaya Pemberian Dua Amplop Cokelat di Kantor Ferdy Sambo Gampang Dibuktikan

SBY yakin generasi Indonesia selanjutnya juga memiliki ketangguhan dan daya juang yang sama.

“Saya yakin generasi Bangsa Indonesia mana pun akan tetap memiliki ketangguhan dan daya juang ini. Dirgahayu Indonesia,” ucapnya. (Taufik Ismail)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved