HUT RI

Megawati: Kemerdekaan Jangan Dianggap Take It for Granted, Kita Ini Pejuang

Selain itu, kata Megawati, Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang memiliki daya juang tinggi.

Editor: Yaspen Martinus
YouTube@PDI Perjuangan
Presiden kelima RI Megawati Sukarnoputri mengatakan, Bangsa Indonesia memiliki kekuatan luar biasa dalam menghadapi berbagai persoalan. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Presiden kelima RI Megawati Sukarnoputri mengatakan, Bangsa Indonesia memiliki kekuatan luar biasa dalam menghadapi berbagai persoalan.

Salah satunya, kata Megawati, saat krisis global yang terjadi saat ia menjabat Presiden pada 23 Juli 2001 hingga 20 Oktober 2004.

Pemerintah, katanya, tidak mungkin mampu menghadapi krisis tersebut tanpa bantuan rakyat.

“Yang kalau bukan karena ikut sertanya rakyat di dalam ketahanannya, ikut berproses menangani krisis tersebut, tidak bisa saya kira pemerintah akan secepat itu menanganinya,” kata Megawati dikutip dari Sekretariat Presiden, Rabu (17/8/2022).

Selain itu, kata Megawati, Indonesia juga dikenal sebagai bangsa yang memiliki daya juang tinggi. Karakter tersebut harus terus diwariskan hingga sekarang. Daya juang harus tetap ada meskipun Indonesia saat ini sudah merdeka.

“ini (kemerdekaan) jangan dianggap sebagai sebuah take it for granted, atau artinya ya sudah, sudah merdeka ya sudah merdeka."

Baca juga: Jika 16 Parpol yang Persyaratannya Tak Lengkap Menggugat, KPU Serahkan kepada Bawaslu

"Tetapi seharusnya itu terus dipelihara. dan cara memeliharanya itu tidak bisa kalau tidak diceritakan."

"Jadi sebagai sebuah cerita yang terus-menerus diwariskan dari satu generasi ke generasi yang lain,” tuturnya.

Contohnya, kata Megawati, sekarang ini saat Indonesia menghadapi pandemi Covid-19, Indonesia dinilai berhasil menghadapi pandemi karena memiliki daya juang yang tinggi.

Baca juga: LPSK Bilang Upaya Pemberian Dua Amplop Cokelat di Kantor Ferdy Sambo Gampang Dibuktikan

“Nah, sekarang sebagai sebuah contoh, pandemi, kan kita sendiri bisa melihat, dan kita sendiri diakui bahwa kita pun mampu dalam mengatasi proses Covid-19 ini dengan baik."

"Dan kita juga dari sisi ekonomi praktis kalau menurut saya semuanya dapat diatasi dan berjalan dengan baik. Itulah nilai-nilai yang seperti tadi saya katakan, kita ini pejuang,” bebernya. (Taufik Ismail)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved