Ibu Kota Pindah

DPRD Bentuk Pansus IKN, Wagub DKI: Silahkan Saja Itu untuk Mempersiapkan Jakarta Setelahnya

Ariza mengatakan, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Wakil Gubenur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria angkat suara terkait Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk oleh DRPD DKI Jakarta untuk Jakarta pasca Ibu Kota Negara (IKN) pindah.

"Teman-teman di DPRD untuk Pansus IKN silakan saja. Mungkin maksudnya dalam rangka mempersiapkan Jakarta pasca berpindahnya Ibu Kota, apa program dan langkah-langkahnya," ujar pria yang akrab dipanggil Ariza, Senin (15/8/2022) malam.

Saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Ariza mengatakan, dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

Koordinasi tersebut dilakukan supaya dapat mengambil langkah-langkah konsep program yang komprehensif supaya Jakarta menjadi kot ekonomi, jasa, global, dan perdagangan internasional.

"Itu juga yang disampaikan oleh Bapak Presiden Jokowi kepada kami. Dan Bapak Gubernur Anies memastikan bahwa itu bisa dilakukan," ujar Ariza.

Baca juga: MK Tolak Uji Materi UU Ibu Kota Negara, Sebut Hasil Survei Tak Bisa Jadi Dasar Pertimbangan

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan Timur Berdampak Langsung Terhadap Isu Lingkungan di DKI Jakarta

Lebih lanjut Ariza menyampaikan, walaupun sebagian warga Jakarta yang bekerja di pemerintah pusat nantinya akan berpindah ke Kalimantan Timur, namun itu tidak akan mengubah suasana Jakarta.

Ariza memastikan untuk fasilitas yang sudah ada, akan tetap ada. Bahkan dapat ditingkatkan supaya menjadi lebih baik.

Berdasarkan pemberitaan sebelumnya, anggota Panitia Khusus (Pansus) Jakarta pasca Ibu Kota Negara (IKN) sekaligus anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad menyampaikan keinginan Jakarya menjadi kota bisnis dan jasa.

Hal tersebut berkaitan dengan rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia dari DKI Jakarta ke IKN yang berada di kawasan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"Salah satu hal yang penting dari perpindahan Ibu Kota adalah DKI Jakarta harus mengatur kembali kekhususannya," ujar Idris, Senin (15/8/2022).

Saat ditemui usai rapat membahas Jakarta pasca Ibu Kota Negara di Ruang Rapat Serbaguna lantai III, Gedung DRPD DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Idris mengingatkan sesuatu.

Menurut Idris, apabila DKI Jakarta berkembang jadi kota bisnis dan jasa, jangan sampai terjadi kesenjangan untuk poin jasa atau Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca juga: Sejumlah Wilayah Ibu Kota Kebanjiran, BPBD DKI Jakarta Informasikan Muka Air yang Harus Diwaspadai

Karena menurutnya, banyak kasus bahwa perkembangan bisnis dan jasa itu pada akhirnya akan menimbulkan kesenjangan.

"Nah ini yang harus dipersiapkan dari sekarang," ujar Idris dengan tegas.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved