Ikuti Arahan Anies Baswedan, Tiga RSUD Milik Pemprov DKI Jakarta Terapkan Digitalisasi Pembayaran

Tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemprov DKI Jakarta yakni RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RSUD Koja menerapkan digitalisasi pembayaran.

Istimewa
Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono bersama Pelaksana tugas (Plt) Direktur RSUD Pasar Minggu Weningtyas Purnomorini saat launching digitalisasi pembayaran di RSUD Pasar Minggu, Kamis (11/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebanyak tiga Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik Pemprov DKI Jakarta telah menerapkan digitalisasi pembayaran.

Ketiga fasilitas kesehatan tersebut adalah RSUD Pasar Minggu Jakarta Selatan, RSUD Cengkareng Jakarta Barat dan RSUD Koja Jakarta Utara.

Masyarakat yang ingin berobat secara mandiri di rumah sakit tersebut, tidak perlu lagi membawa duit tunai. Pasien ataupun keluarganya dapat melakukan pembayaran secara non tunai melalui layanan e-channel Bank DKI.

Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono mengatakan, implementasi sistem pembayaran digital di RSUD memang menjadi perhatian pemerintah daerah.

Apalagi Bank Pembangunan Daerah (BPD) itu telah diminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar melakukan transformasi digital sesuai perkembangan teknologi, demi memudahkan masyarakat dalam bertransaksi.

Menurutnya, masyarakat dapat menggunakan berbagai layanan e-channel Bank DKI seperti JakOne Mobile, JakOne Pay, EDC hingga ATM yang disediakan di kasir pembayaran.

Baca juga: Dukung Sektor Pariwisata dan UMKM, Bank DKI Hadirkan Solusi Pembayaran Digital

Selain itu, Bank DKI juga melakukan implementasi digitalisasi transaksi pembayaran dengan Quick Response Indonesian Standard atau QRIS.

“Sebelumnya, Bank DKI juga telah melakukan digitalisasi pembayaran tagihan Rumah Sakit pada RSUD Koja, RSUD Cengkareng, dan RSU Adhyaksa (milik Kejaksaan RI),” kata Amirul pada Jumat (12/8/2022).

Melalui aplikasi JakOne Mobile, Bank DKI menghadirkan solusi perbankan digital bagi nasabah. Tujuannya untuk menciptakan pengalaman bertransaksi yang lebih personal, mobile dan handal.

Bahkan layanan perbankan ini dapat digunakan untuk berbagai macam transaksi tagihan, dari pembayaran pajak dan belanja online, transaksi Scan by QRIS, top up uang elektronik, bersedekah/ berdonasi untuk sesama hingga mengamankan dana darurat melalui pembukaan deposito dimana saja dan kapan saja.

Saat ini, Bank DKI juga telah menghadirkan New JakOne Mobile dengan tampilan UI/UX yang lebih menarik dan user friendly dalam memenuhi ekspektasi nasabah khususnya generasi milenial.

“Selain itu, New JakOne Mobile juga dapat digunakan oleh nasabah baru untuk membuka rekening tabungan secara online melalui smartphonenya tanpa harus ke kantor cabang Bank DKI,” ujarnya.

Baca juga: Bank DKI Digitalisasi Pasar Perumnas Klender, Layanan Prokes di Masa Pandemi Virus Corona

Hingga periode Juli 2022, transaksi QRIS melalui JakOne Mobile Bank DKI tumbuh 29,42 persen (yoy) menjadi 477.262 transaksi dibanding periode Juli 2021 sebesar 368.746.

Selain transaksi QRIS, sampai dengan Juli 2022, jumlah pengguna JakOne Mobile juga sudah mencapai 1,7 juta pengguna dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp 11 triliun dan 12 juta transaksi.

Bank DKI telah menyediakan layanan virtual account melalui Cash Management System yang dapat dipergunakan untuk melakukan monitoring dan transaksi keuangan secara realtime dan online serta terkoneksi dengan sistem informasi manajemen rumah sakit.

Dengan Cash Management System Bank DKI, akan memudahkan RSUD untuk mendapatkan informasi posisi dana dari waktu ke waktu dan memberikan kemudahan dalam bertransaksi melalui sistem perbankan setiap saat secara online sehingga pengelolaan arus dana dapat dilakukan secara cepat dan akurat.

“Kami berharap agar produk dan layanan digital Bank DKI yang diterapkan pada seluruh ekosistem bisnis di DKI Jakarta termasuk RSUD, dapat memenuhi ekpektasi masyarakat yang kini menginginkan transaksi layanan perbankan yang cepat, aman dan efisien,” ucapnya. (faf)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved