Sains

Romantis! Hujan Meteor Perseid Bisa Disaksikan Malam Minggu Ini di Seluruh Indonesia

Penampakan langit Indonesia yang akan dihiasi Hujan Meteor Perseid terjadi pada 13 Agustus sampai 14 Agustus 2022.

Penulis: Desy Selviany | Editor: Desy Selviany
Tribun
Hujan meteor persaid akan bisa dilihat di seluruh Indonesia malam minggu ini Sabtu (13/8/2022) 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Malam minggu ini akan menjadi istimewa. Pasalnya langit Indonesia akan dihiasi Hujan Meteor Perseid pada 13 Agustus sampai 14 Agustus 2022.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional atau Lapan menjelaskan bahwa Hujan Meteor Perseid di Indonesia akan bisa disaksikan dengan mata telanjang.

Peneliti Pusat Riset Antariksa Andi Pangerang mengatakan puncak Hujan Meteor Perseid akan terjadi malam minggu pekan ini yakni Sabtu (13/8/2022) hingga (14/8/2022) dini hari.

Perseid adalah hujan meteor yang titik radiannya berasal dari konstelasi Perseus. Intensitas maksimum hujan meteor ini adalah sebesar 100 meteor/jam.

Baca juga: Peneliti Antariksa: Hujan Meteor Terbungsu Akan Terlihat dari Bumi Awal Oktober 2021  

Perseid bersumber dari sisa debu komet 109P/Swifts-Tuttle. Kecepatan meteor pada hujan meteor Perseid ini dapat mencapai 212.400 km/jam.

Hujan Meteor Perseid dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Pada pukul 23.00 WIB Hujan Meteor Perseid bisa disaksikan di Sabang atau yang selintang.

Kemudian pukul 01.00 dini hari, Meteor Perseid bisa disaksikan di Pulau Rote atau yang selintang hingga 25 menit sebelum matahari terbit.

“Perseid dapat dilihat dengan mata telanjang tanpa alat bantuan optik terkecuali mau diabadikan dengan citra atau video,” jelas Andi dikutip dari keterangan Rabu (10/8/2022).

Syaratnya, cuaca saat Hujan Meteor Perseid harus cerah, bebas dari penghalang pandang, dan bebas dari polusi cahaya.

 

 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved