Ganjar Pranowo Yakin Kehadiran Kadin Jawa Tengah Mampu Kendalikan Harga Cabai

Kehadiran Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah diyakini bisa mengatasi lonjakan komoditas harga cabai yang kini Rp 60-70 ribu per kilogram.

Istimewa
Kehadiran Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah diyakini bisa mengatasi lonjakan dan mendukung penurunan harga komoditas harga cabai yang kini menyentuh Rp 60-70 ribu per kilogram. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Kehadiran Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Tengah diyakini bisa mengatasi lonjakan dan mendukung penurunan harga komoditas harga cabai yang kini menyentuh Rp 60-70 ribu per kilogram.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan dukungan dari Kadin Jawa Tengah bisa memangkas banyak perantara dalam bisnis cabai sehingga lebih mudah dikendalikan.

"Mungkin kalau itu bisa pendek, rasa-rasanya pengendaliannya jauh akan lebih mudah karena pengambil untungnya tidak terlalu banyak," kata Ganjar berdasarkan keterangan tertulis, Kamis (11/8/2022).

Baca juga: Gubernur Ganjar Pranowo Hadiri Tradisi Wiwitan Panen Tembakau di Temanggung 

Menurut Ganjar perantara dalam bisnis ini bisa diganti dengan perkembangan teknologi melalui digitalisasi. Sehingga digitalisasi menyesuaikan market yang saat ini tersedia.

"Dengan melihat market potential yang ada dan bisa menemukan antara petani dan pedagang atau pembeli secara lebih dekat lagi dengan tidak adanya perantara, mungkin itu bisa membantu," sambungnya.

Selain itu Ganjar meminta pengurus baru Kadin Jawa Tengah periode 2022-2027 bisa segera bekerja dan menyiapkan program terbaru agar dapat mengatasi persoalan harga cabai.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sebut Bantuan Ratusan Benih Kelapa Genjah Sebagai Desain Ketahanan Pangan

"Saya titipkan setelah ini segera lakukan rapat kerja, siapkan programnya, komunikasi ke kita, agar bisa bekerja di lapangan bersama-sama," ungkapnya.

Kadin Jawa Tengah juga diajak melakukan berbagai review di berbagai sektor industri perdagangan agar bisa menjadi pertimbangan untuk menyempurnakan kebijakan ke depan.

"Saya tadi mengajak agar segera lakukan review sektor-sektor tertentu bahkan subsektor tertentu sampai kebijakannya versi pengusaha, versi kamar dagang dan industri," ujar Ganjar.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved