Punya Desa Wisata Terbanyak, Menparekraf Sandiaga Apresiasi Pengembangan Desa Wisata di Jawa Timur

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, Provinsi Jawa Timur kini adalah pengirim desa wisata terbanyak dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI)

Editor: Ichwan Chasani
Istimewa
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, baru-baru ini. 

WARTAKOTALIVE.COM — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi prestasi Provinsi Jawa Timur secara umum, dan khususnya Kabupaten Bondowoso dalam pengembangan desa wisata.

Menurut Menparekraf Sandiaga Uno, Provinsi Jawa Timur saat ini adalah pengirim desa wisata terbanyak dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI).

Hal itu diungkapkan Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa Timur, baru-baru ini.

“Ini adalah desa wisata ke-4 dari total 50, berarti Jawa Timur hampir menyumbang 10 persen dari wisata terbaik Indonesia,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno dalam pernyataan resminya.

“Kita harapkan ini akan membangkitkan ekonomi. Banyak sekali manfaat desa wisata ini untuk kesejahteraan warga, membuka peluang usaha, dan lapangan kerja. Dalam rangka menciptakan 1,1 juta lapangan kerja tahun ini dan 4,4 juta tahun 2024,” papar Menperkraf Sandiaga Uno.  

Baca juga: Ditemukan Virus Baru di China Bernama Langya, Sudah Inveksi 35 Orang

Baca juga: Panggil Disdik DKI Jakarta Terkait Pemaksaan Jilbab Siswi, Bukti PDI-P Tidak Anti Keyakinan Tertentu

Dari total 3.500 yang mengikuti program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI), Desa Wisata Tirta Agung Sukosari Kidul, Kecamatan Sumberingin, Kabupaten Bondowoso menjadi salah satu yang tembus 50 desa wisata terbaik.

Menparekraf Sandiaga Uno menambahkan bahwa Program Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) mampu meningkatkan kunjungan wisatawan hingga sebesar 30 persen.

”Ini gak boleh berhenti. Ini berkelanjutan. Kami memonitor evaluasi tahun lalu dari Program Anugerah Desa Wisata 2021 peningkatan kunjungannya itu 30 persen,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno

Dalam kesempatan itu, Menparekraf Sandiaga Uno juga menjelaskan bahwa target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1,8 – 3,6 juta.

”Target wisatawan Nusantara 550 juta pergerakannya. Dan semakin banyak bergerak menuju destinasi berkualitas dan berkelanjutan seperti desa wisata ini,” ungkap Menparekraf Sandiaga Uno optimistis.  

Baca juga: Dinas Pendidikan DKI Lindungi Siswa yang Alami Dugaan Diskriminasi Tidak Pakai Jilbab

Baca juga: Setelah Meresmikan Pabrik Baru, ARNA Mulai Operasikan PLTS Atap demi Dukung Energi Terbarukan

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved