Sektor Pertanian Diyakini Menjadi Kunci Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meyakini sektor pertanian punya kontribusi sangat besar terhadap pembangunan ekonomi nasional khususnya daerah.

Warta Kota/ Rizki Amana
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini sektor pertanian mempunyai kontribusi sangat besar terhadap pembangunan ekonomi nasional khususnya daerah. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) meyakini sektor pertanian mempunyai kontribusi sangat besar terhadap pembangunan ekonomi nasional khususnya daerah.

“Pertanian adalah tulang punggung perekonomian Indonesia sekaligus daerah-daerah yang berada di dalamnya,” ungkap Syahrul dalam keterangan pers, Senin (8/8/2022).

Sehingga Syahrul mengungkapkan akan sangat penting bagi pemimpin daerah untuk menjalankan kebijakan dan program yang berfokus pada sektor pertanian.

Hal itu juga yang dirasakan Syahrul saat menjadi Gubernur Sulawesi Selatan selama dua tahun. Pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan hingga mencapai 7,8 persen.

Baca juga: Irma Chaniago Nilai Syahrul Yasin Limpo Mampu Bawa Pertanian Jadi Sektor Andalan

Menurutnya, pertanian dalam pembangunan ekonomi daerah sangat berperan memiliki kontribusi besar dalam pertumbuhan ekonomi Sulawesi Selatan saat itu.

“Berdasar pengalaman saya, seorang pemimpin yang serius dan bertanggung jawab menggarap sektor pertanian akan berhasil mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerahnya,” ujar Syahrul.

Syahrul menambahkan Indonesia berhasil melalui pandemi dengan baik. Selama tiga tahun, sektor pertanian sukses menjadi bantalan ekonomi yang tumbuh positif saat sektor-sektor lain melambat.

Tren positif ini diharapkan bisa dipertahankan meski dunia semakin menghadapi tantangan karena kebutuhan pangan adalah keniscayaan dan sektor pertanian jadi pilihan pasti memperkuat ekonomi.

Baca juga: Syahrul Yasin Limpo Terkejut Mendengar Pengakuan Peternak Sumedang yang Bisa Menyembuhkan PMK

“Tentu dibutuhkan komitmen kuat dari pemerintah daerah untuk menjalankan kebijakan dan program yang fokus terhadap sektor pertanian,” tegasnya.

Sementara terpisah, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengakui peran besar sektor pertanian dalam pembangunan daerah karena salah satu sektor strategis.

Menurut Edy pertanian salah satu sektor strategis yang bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi secara cepat. Apalagi pihaknya begitu mendorong pengembangan sektor pertanian secara masif.

“Produksi dan distribusi barang atau hasil sumber daya alam (pertanian) daerah tentunya harus kita kembangkan,” jelas Edy.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved