Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah Kuartal II 2022 Kalahkan Angka Nasional

Ganjar menyebut pihaknya selalu bekerja sama umpama dengan BI, OJK, agar kita mendapatkan selalu informasi yang benar.

Editor: Ahmad Sabran
HO
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 

WARTAKOTALIVE.COM, JAAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data pertumbuhan ekonomi Jawa Tengah (Jateng) pada kuartal II 2022 secara tahunan (year on year/yoy) mencapai 5,66 persen.

Pertumbuhan ekonomi Jateng tersebut lebih baik dibanding angka nasional yang mencatatkan 5,44 persen (yoy).

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan capaian itu merupakan hasil kerja kolektif Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dan pemerintah daerah dalam membuka kemudahan investasi.

"Ini kerja kolektif. Teman-teman bupati dan wali kota bagaimana mereka membuka sendiri untuk investasi, kemudahan investasi. Menurut saya kontribusi luar biasa," kata Ganjar, Minggu (7/8/2022).

Selain itu, Ganjar menyebut pihaknya selalu bekerja sama umpama dengan BI, OJK, agar kita mendapatkan selalu informasi yang benar.

Baca juga: Relawan Bakal Gelar Musra, Effendi Simbolon: Jangan Persempit Ruang Kepemilikan Terhadap Jokowi

Baca juga: Sudah Dibahas Jokowi dan Megawati, Hasto Kristiyanto Pastikan Pengganti Tjahjo Kumolo Kader PDIP

Baca juga: Sophia Latjuba Tiup Lilin Ulang Tahun ke52 Usai Bangun Tidur,Netizen: Bangun Tidur Aja Tetep Cantik!

Dengan akurasi data milik Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Ganjar menyebut pengambilan keputusan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi menjadi lebih mudah.

"Dengan data science yang bisa kita pakai, dengan kondisi makro yang kita terjemahkan, sampai pada pengambilan keputusan," tuturnya.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Jateng juga tak lepas dari peran para petani. Menurut Ganjar, petani punya andil besar dalam menyokong kemajuan di sektor pertanian.

"Pertanian tinggi saya senang, mudah-mudahan nilai tukar kita bagus. Alhamdulillah nilai tukar kita bagus ya di petani. Mudah-mudahan ini kabar baik, tinggal kemudian kita dampingi mereka untuk menjaga ini," imbuhnya.

Ganjar berharap, pertumbuhan ekonomi di Jateng terus bergerak naik. Namun demikian, Ganjar menyebut tantangan ke depan tidak mudah, sehingga perlu adanya kerja sama antar semua pihak.

"Karena terpaan tekanan dari luar tidak ringan. Pak Presiden kemarin menyampaikan tahun ini kita siap-siap, ingat tahun depan belum tentu baik-baik," imbuhnya.

Sebagai informasi, perekonomian Jateng pada kuartal II 2022 mencapai Rp 261,40 triliun berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Atas Dasar Harga Konstan (ADHK). Bila dibandingkan kuartal II tahun 2021, ADHK mencatatkan Rp 247,40 triliun.

Baca juga: VIDEO : Viral Aksi Emak emak Pemotor Tak Sadar tengah Mengadang Laju Truk saat Mau Menyeberang Jalan

Baca juga: Relawan Bakal Gelar Musra, Effendi Simbolon: Jangan Persempit Ruang Kepemilikan Terhadap Jokowi

Baca juga: Bunga Citra Lestari Fokus Siapkan Konser di Singapura Saat Manajernya Ditangkap, Ikut Diperiksa?

Sementara itu, berdasarkan Atas Dasar Harga Berlaku (ADHB) pada kuartal II tahun 2021 tercatat Rp 350,54 triliun, kuartal I tahun 2022 Rp 375,68 triliun, dan kuartal II tahun 2022 Rp 385,12 triliun.

 

Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah 5,66 Persen, Ganjar Pranowo: Ini Kerja Kolektif

Sumber: Tribun Jateng
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved