Modernisasi Alutsista, TNI AL Punya Kapal Perang KRI Teluk Calang-524

TNI AL kedatangan kapal perang KRI Teluk Calang-524 yang dipesan dari galangan PT Daya Radar Utama (DRU) sebagai bagian dari modernisasi alutsista.

Istimewa
KSAL Laksamana TNI Yudo Margono meresmikan kapal perang baru KRI Teluk Calang-524 yang dipesan dari galangan PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung sebagai bagian dari modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - TNI AL kedatangan kapal perang baru KRI Teluk Calang-524 yang dipesan dari galangan PT Daya Radar Utama (DRU) Lampung sebagai bagian dari modernisasi alat utama sistem senjata (alutsista).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengutarakan kapal jenis angkut tank (AT)-7 tersebut adaah bagian dari sembilan kapal baru milik TNI AL.

“Ini merupakan kapal ketujuh dan sebenarnya kapal yang dibangun seperti bersama ini ada sembilan,” ucap Yudo, Senin (8/8/2022).

Kehadiran KRI Teluk Calang-524 tersebut adalah bagian dari upaya peremajaan alutsista TNI AL yang sudah seharusnya dilakukan pergantian karena sudah dimakan usia.

Baca juga: Bank Indonesia Gandeng TNI AL Distribusikan Rupiah ke Wilayah 3T di Indonesia

“Yang lalu pernah saya sampaikan ini adalah modernisasi dari LST kita yang usianya sudah tua, di atas 40 tahun. Sehingga ini sudah ada 9 kapal AT yang seperti ini,” katanya.

Adapun kapal yang memiliki panjang 120 meter, lebar 18 meter, draft 3 meter (full load) dengan bobot 4.508 ton itu dapat mengangkut sejumlah tank hingga helikopter.

“Jadi tadi seperti sudah disampaikan ini memiliki kemampuan untuk angkut tank leopard. Jadi yang 5 memiliki kemampuan angkut tank leopard. Dan yang 4 itu memiliki kemampuan tank,” ucapnya.

Selanjutnya KRI Teluk Calang-524 yang dapat menampung 361 prajurit, 120 personel ABK dan 6 kru heli tersebut akan ditempatkan di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil).

Baca juga: Pemprov Jawa Tengah Gandeng TNI AL Manfaatkan Teknologi Hidro-Oseanografi

“Dengan selesainya kapal ini, akan saya ujicoba sekaligus menguji kekuatan dan kemampuan TNI AL dalam melaksanakan pertahanan laut,” ungkap Yudo.

Adapun dalam peresmian KRI Teluk Calang-524 yang digelar di Dermaga JICT 2, Tanjung Priok, Jakarta Utara itu sebelumnya ada serah terima dari Direktur Utama PT Daya Radar Utama John Wijanarko.

Sementara itu pada kesempatan tersebut, Yudo juga mengukuhkan Letkol Laut (P) Bagus Waluya sebagai komandan pertama KRI Teluk Calang-524 di sela-sela peresmian.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved