Uji Kompetensi Wartawan

Pewarta Foto Indonesia Gelar Uji Kompetensi, Tiga Pewarta Foto Tribun Network Dinyatakan Kompeten

UKPFI kali ini diikuti oleh 12 peserta dari Surabaya, Jakarta, Gresik, Malang, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Penulis: Alex Suban | Editor: Alex Suban
Dokumentasi PFI
Pewarta Foto Harian Surya Khabibur Rahman (depan, kiri) dan Pewarta Foto Tribunnews Jeprima WD (belakang, kiri) mempresentasikan karya foto jurnalistik di depan penguji Pewarta Foto Indonesia Gino Franki Hadi (belakang, kanan) dan Saptono dalam uji kompetensi Pewarta Foto Indonesia di Hotel Regantris, Surabaya, pada Kamis (4/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, SURABAYA - Sebanyak 12 pewarta foto dinyatakan kompeten memenuhi standar kompetensi pewarta foto yang disyaratkan oleh Dewan Pers dan menjalani uji kompetensi yang diselenggarakan oleh Pewarta Foto Indonesia di Hotel Regantris, Surabaya, pada Rabu (3/8/2022) dan Kamis (4/8/2022).

Dari ke-12 pewarta foto ini, tiga diantaranya berasal dari Media Tribun Network, yaitu Jeprima WD dari Tribunnews, Ahmad Zaimul Haq dan Khabibur Rahman, keduanya dari Harian Surya.

Baca juga: Dilantik Gantikan Putra Haji Lulung, Husen: Rakyat Butuh Anggota Parlemen yang Punya Kompetensi

Baca juga: Mantan Pegawai KPK yang Bersedia Jadi ASN Bakal Ikut Uji Kompetensi, Tak Pengaruhi Kelulusan

Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) ini adalah kali kedua yang diselenggarakan oleh organisasi profesi jurnalis foto, Pewarta Foto Indonesia (PFI).

UKPFI kali ini diikuti oleh 12 peserta dari Surabaya, Jakarta, Gresik, Malang, Mojokerto, dan Sidoarjo.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain anggota Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua Umum PFI Reno Esnir, Ketua PFI Surabaya Suryanto, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Jawa Timur Hudiyono, para penguji, pemagang, dan peserta UKPFI.

Para peserta dan penguji uji kompetensi Pewarta Foto Indonesia berfoto bersama setelah pengumuman hasil UKPFI  di Hotel Regantris, Surabaya, pada Kamis (4/8/2022).
Para peserta dan penguji uji kompetensi Pewarta Foto Indonesia berfoto bersama setelah pengumuman hasil UKPFI di Hotel Regantris, Surabaya, pada Kamis (4/8/2022). (Dokumentasi PFI)

Dalam sambutan pembukaan UKPFI, Ninik Rahayu menyampaikan rasa bangga atas terselenggaranya UKPFI di Surabaya.

“UKPFI dapat menunjang kemerdekaan pers dan meningkatkan profesionalisme media. Dengan demikian, semoga dapat mempercepat cita-cita bangsa Indonesia yang termaktub di UUD 1945,” ujar Ninik.

Ketua Umum PFI Reno Esnir, menjelaskan jika diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya untuk menguatkan pengetahuan pewarta foto mengenai kaidah-kaidah jurnalistik. “PFI Pusat terus mendorong rekan-rekan PFI Kota untuk bisa menyelenggarakan UKPFI, karena program ini menjadi salah satu prioritas kami kedepannya. Semoga semakin banyak teman-teman PFI Kota yang bisa menyelenggarakan UKPFI agar semakin banyak pula anggota PFI yang tersertifikasi,” ungkap Reno.

Baca juga: Perdana, Uji Kompetensi Wartawan Digelar Pewarta Foto Indonesia, 13 Peserta Kompeten

Baca juga: Sebanyak 2327 ASN Kabupaten Bekasi Ikuti Uji Kompetensi

UKPFI yang terselenggara atas kerja sama dengan PFI Surabaya ini berlangsung dengan mengujikan modul-modul standar bagi pewarta foto tingkat Muda.

Dalam uji kompetensi ini, Penguji Senior Hermanus Prihatna dan Saptono didampingi Oscar Motuloh, Gino Franki Hadi, Alex Suban, dan Arbain Rambey menguji ke-12 peserta yang hadir.

Berikut adalah nama-nama peserta UKPFI Surabaya:

  1. Ahmad Zaimul Haq (Harian Surya)
  2. Andy Satria (Radar Surabaya)
  3. Dipta Wahyu Pratomo (Jawa Pos)
  4. Dwi Prasetyo (Petisi.co)
  5. Khabibur Rahman (Harian Surya)
  6. Muhammad Sofan Kurniawan (Radar Mojokerto)
  7. Rido’i (Harian Duta)
  8. Robertus Risky (Jawa Pos)
  9. Umarul Faruq (Antara Foto)
  10. Aris Novia Hidayat (TEMPO)
  11. Jeprima WD (Tribunnews)
  12. Reza Esnir (Hukum Online)

Sementara itu dalam kegiatan uji kompetensi ini, PT KAI mendukung pelaksanaan program pengurus PFI saat menyelenggarakan kegiatan ini di Surabaya.

Sebelum keberangkatan menuju Surabaya, Kepala Stasiun Pasar Senen Hendra Hindarsah berkesempatan menyerahkan tiket secara simbolis kepada penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) Hermanus Prihatna di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/8/2022).

Kepala Stasiun Pasar Senen Hendra Hindarsah (ketiga dari kanan) menyerahkan tiket kepada penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) Hermanus Prihatna sebelum keberangkatan ke Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/8/2022).
Kepala Stasiun Pasar Senen Hendra Hindarsah (ketiga dari kanan) menyerahkan tiket kepada penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) Hermanus Prihatna sebelum keberangkatan ke Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/8/2022). (Dokumentasi PFI)

Kepala Stasiun Pasar Senen Hendra Hindarsah (kanan) menyerahkan tiket kepada penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) Hermanus Prihatna yang disaksikan para penguji UKPFI Saptono, Arbain Rambey, Oscar Motuloh, Gino F Hadi dan Alex Suban sebelum keberangkatan ke Surabaya di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat pada Selasa (2/8/2022).

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved