Kesehatan

Lawan Stigma Kotor Tentang Menstruasi, Nona Rilis Pembalut Organik Aman untuk Perempuan Indonesia

Nona Woman rilis pembalut organik untuk menstruasi yaitu Nona Organic Pads. Produk ini dirancang tipis, hipoalergenik, dan daya serap tinggi.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Startup Indonesia di bidang FemTech, Nona Woman, meluncurkan produk menstruasi pertamanya yaitu Nona Organic Pads. 

WARTAKOTALIVE.COM - Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi secara alamiah pada tubuh wanita. Namun, stigma mengenai menstruasi masih melekat di tengah masyarakat Indonesia.

Tidak jarang pandangan “kotor” selama menstruasi menjadi momok tersendiri bagi perempuan Indonesia, contohnya banyak yang merasa malu dan harus menyembunyikan kata menstruasi dengan kata “datang bulan” atau “dapet”.

Faktanya, UNICEF Indonesia menyatakan sebanyak 78 persen remaja perempuan dan juga ibu mencuci pembalut mereka sebelum dibuang karena ketakutan akan stigma “kotor” tersebut.

Selain itu, penelitian UNICEF Indonesia menemukan hanya sebagian perempuan mengganti pembalut mereka setelah 8 jam penggunaan.

Bahkan, hampir semua remaja perempuan yang terlibat dalam penelitian tidak mengganti pembalut mereka selama di sekolah karena merasa malu.

Karena masih minimnya pengetahuan seputar menstruasi pada perempuan Indonesia, maka muncul fenomena period poverty atau kemiskinan menstruasi.

Period poverty dimaknai sebagai kondisi ketika perempuan tidak memiliki akses terhadap produk-produk menstruasi yang mumpuni, kurangnya akses ke fasilitas sanitasi, hingga minimnya pengetahuan seputar menstruasi

Isu-isu inilah yang akhirnya mendorong startup Indonesia di bidang FemTech, Nona Woman, meluncurkan produk menstruasi pertamanya yaitu Nona Organic Pads.

Nona Organic Pads (1)
Nona Woman meluncurkan produk menstruasi pertamanya yaitu Nona Organic Pads.

Pembalut organik lokal pertama ini bisa didapatkan mulai 8 Agustus 2022 melalui situs resmi Nona, aplikasi resmi Nona Woman, dan kanal e-commerce lain seperti Tokopedia dan Shopee.

Nona Organic Pads hadir dalam empat ukuran, yaitu panty liner, regular flow, heavy flow, dan overnight flow, yang disesuaikan dengan aliran darah ketika menstruasi.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved