Lomba Kicau Burung

Memeriahkan Jakarta Hajatan dan Kemerdekaan, Pemprov DKI Gelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur

Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan para komunitas pecinta burung akan menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri | Editor: Sigit Nugroho
Istimewa
Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan para komunitas pecinta burung akan menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta. 

WARTAKOTALIVE.COM, GAMBIR - Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan para komunitas pecinta burung akan menggelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur Jakarta.

Perlombaan itu untuk memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495 tahun dan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati mengatakan, kegiatan itu dapat terlaksana atas kolaborasi dengan komunitas Branjes Batavia, B16, NZR, Ebod Jaya dan komunitas burung lainnya.

Adapun rangkaian kegiatan Lomba Kicau Burung ini terdiri atas Pra Piala Gubernur yang digelar pada 6-7 Agustus 2022, sedangkan pelaksanaan Piala Gubernur akan diinformasikan lebih lanjut.

Baca juga: Anies Baswedan Libatkan Komunitas Gelar Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur DKI 2022

Baca juga: Suami Eva Sofiana Sering Ikut Lomba Burung, Muncul Dugaan Penyiraman Eva Terkait Cinta Segitiga

Baca juga: PSBB Jakarta Dilonggarkan, Para Pecinta Burung Kembali Mengikuti Lomba Burung JTS Kemayoran

"Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Target peserta dalam kegiatan ini sebanyak 4.000 orang dari komunitas pecinta burung," kata Suharini berdasarkan keterangannya pada Jumat (5/8/2022).

Selain sebagai ajang silaturahmi para pecinta burung, lomba ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat untuk menjaga kelestarian burung.

Terutama jenis burung yang hampir punah dan mulai jarang ditemukan di habitat aslinya, seperti burung jenis Anis Merah.

BERITA VIDEO: VIRAL Warga di Cianjur Tandu Orang Luka Parah Sejauh 2 Kilometer ke Lokasi Ambulans Desa

Burung endemik Jawa dan Bali itu memang sulit dikembangbiakkan, dan kelas lombanya pun jarang diadakan.

Dalam Lomba Kicau Burung Pra Piala Gubernur ini ada beberapa kelas yang diadakan

Di Lapangan A, ada kelas burung Muray Batu, Cucak Hijau, Lovebird, Kacer, Konin, Crukcukan dan Tledekan.

Di Lapangan B, kelas burung Muray Batu Borneo, Anis Merah, Kenari, Jalak Suren dan SRDC (Sikatan Rimba Dada Cokelat). Di Lapangan C ada kelas Branjangan Parva dan Branjangan Java.

"Dalam kegiatan ini, kami juga menghadirkan bazar UMKM binaan Jakpreneur yang menyediakan produk-produk lokal berkualitas, sehingga harapannya, kegiatan ini dapat membantu perekonomian masyarakat," kata Suharini.

Suharini menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi, dapat mendaftar melalui komunitas Branjes Batavia dengan menghubungi nomor 0858-8830-0300 (Bang Bjo) atau mendaftar secara langsung pada hari pelaksanaan, 7 Agustus 2022, sejak jam 07.00.

Selain kegiatan utama Lomba Kicau Burung tanggal 7 Agustus, akan dilaksanakan pula kegiatan city tour ke Jakarta International Stadium (JIS) bagi perwakilan peserta lomba pada 6 Agustus 2022.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved