Pendidikan

Tips Persiapan Masuk Perguruan Tinggi Impian Bebas Khawatir

Mempersiapkan masuk perguruan tinggi sehingga bebas khawatir? berikut adalah beberapa tipsnya:

dok. Freepik.com
Ilustrasi. Tips persiapan masuk perguruan tinggi impian bebas khawatir. 

WARTAKOTALIVE.COM - Walau masa- masa SMA banyak dikenang dengan kenangan manis dan katanya susah move on, sekarang waktunya untuk membuat dan merencanakan kenangan manis di perguruan tinggi impian kalian.

Untuk kalian yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, mungkin banyak hal yang membuat khawatir, mulai dari memilih perguruan tinggi itu sendiri, jurusan yang tepat, lokasi perguruan tinggi dan bahkan biaya yang harus dikeluarkan.

Tentunya hal-hal tersebut harus dipertimbangkan secara matang dan perlu menggali informasi sebanyak-banyaknya karena ini akan menentukan juga profesi kalian kelak dan juga tujuan hidup kedepannya.

Apa saja yang perlu diperhatikan untuk mempersiapkan masuk perguruan tinggi sehingga bebas khawatir? berikut adalah beberapa tipsnya:

  • Dukungan keluarga

Melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi adalah keputusan penting yang sudah sepatutnya didukung oleh keluarga dan orang terdekat.

Kalian bisa meminta saran dan rekomendasi dari orang tua atau kerabat tentang perguruan tinggi favorit yang cocok.

Dengan mendapatkan dukungan dari keluarga, kalian tidak hanya mendapatkan dukungan secara mental dan spiritual, tapi juga secara finansial.

Sebagai tambahan, kalian juga bisa mencatat sumber bantuan finansial apa saja dari keluarga yang tersedia untuk kalian berkuliah.

  • Konsultasi dengan guru sekolah

Peran guru di sekolah tidak hanya sebatas mengajar dan memberikan nilai. Guru juga merupakan sosok yang bisa kalian mintakan saran berkaitan dengan pendidikan tinggi yang terbaik sesuai dengan kemampuan akademis kalian.

Dengan wawasannya tentang dunia pendidikan yang luas, konsultasi dengan guru tentu akan sangat membantu dalam menentukan jurusan perkuliahan terbaik yang akan diikuti.

  • Menghadiri pameran pendidikan
Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved