Quipper Semangati Belajar Siswa Lewat Fitur dan Materi Baru

Saat ini sebagian besar sekolah telah melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen dan kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknolog

Editor: Ahmad Sabran
HO
konferensi pers yang bertema “Jadi Lebih Siap Hadapi Tahun Ajaran Baru dengan Quipper”, 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Aplikasi Quipper menyambut awal tahun ajaran baru 2022/2023 dengan penambahan materi dan fitur baru, pemutakhiran aplikasi, dan memperkenalkan figur inspiratif sebagai ‘Teman Belajar Quipper’.

Peningkatan dan pembaruan pada layanan dan fitur di Quipper bertujuan agar setiap siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna dan nyaman secara berkesinambungan untuk mengejar ketertinggalan capaian pembelajaran atau learning loss yang terjadi selama pandemi.

Sub Kor Peserta Didik & Pembangunan Karakter) Bidang SMP & SMA & Plt. Subkor Kurikulum & Penilaian Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Horale Tua Simanullang mengatakan, selama dua tahun terakhir, kehilangan pembelajaran atau learning loss telah memicu penurunan capaian belajar sehingga pemulihan pada sektor pendidikan perlu dilakukan agar bisa bangkit dari ketertinggalan.

Berkenaan dengan itu, Kemendikbud Ristek melalui  Dinas Pendidikan mendorong berbagai pihak dapat saling mendukung proses pemulihan pembelajaran.

“Sebagai upaya agar kita bisa bangkit dari learning loss, pemerintah terus melakukan penyesuaian kebijakan dan mendorong dukungan masif dari berbagai pihak dalam rangka pemulihan layanan pendidikan. Saat ini sebagian besar sekolah telah melakukan pembelajaran tatap muka 100 persen dan kami terus mendorong proses belajar dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Horale dalam konferensi pers  yang bertema “Jadi Lebih Siap Hadapi Tahun Ajaran Baru dengan Quipper”, 

Baca juga: Tidak Ditemukan Unsur Pidana, Polisi Hentikan Kasus Bansos yang Ditimbun di Depok

Baca juga: Persija Timpang Jelang Lawan PSM Makassar, Abdulla Yusuf Helal Cedera, Michael Krmencik Demam

Baca juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina, Nelayan Karawang Lesu Harga Rajungan Anjlok

Implementasi PTM 100 persen diharapkan dapat meminimalisir melebarnya learning loss.

Di sisi lain, teknologi terbukti dapat menjadi solusi di berbagai macam implementasi pembelajaran, baik pembelajaran jarak jauh, pembelajaran tatap muka, dan pembelajaran campuran. Hal ini disampaikan Bruder Paulus Sumarno, Kepala Sekolah dan & Ketua Yayasan Pangudi Luhur Bernadus Cikarang.

“Di sekolah kami, penggunaan teknologi untuk membantu KBM sudah kami terapkan sejak awal pandemi. Salah satunya dengan penggunaan learning management system seperti Quipper School Premium. Teknologi semacam itu, sangat membantu mengorganisir kegiatan belajar mengajar jadi lebih efektif dan efisien. Ke depannya, penggunaan teknologi ini akan terus kami maksimalkan meskipun pembelajaran sudah diterapkan tatap muka 100 persen,” ungkapnya.

Dilihat dari aspek psikologi, salah satu faktor penyebab learning loss merupakan kesehatan mental siswa.

Psikolog Aji Cokro Dewanto, mengatakan, banyak siswa yang harus PJJ di tengah suasana rumah yang tidak kondusif karena orang tuanya kehilangan pekerjaan, anggota keluarga terpapar Covid-19, atau bahkan harus menyaksikan kematian orang-orang kesayangannya karena Covid-19. Kondisi ini tentunya menimbulkan kecemasan pada anak yang pada akhirnya menurunkan fokus belajar.

Aji mengingatkan perlunya peranan berbagai pihak dalam memulihkan kondisi mental siswa.

“Kunci utamanya adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi siswa untuk belajar di segala kondisi dan tempat. Tidak hanya oleh guru di sekolah, tetapi juga di rumah oleh orang tua dan lingkungan sekitar yang dibentuk oleh masyarakat, pemerintah, dan swasta,” jelas Aji.

Quipper sebagai bagian dari ekosistem pendidikan di Indonesia memiliki tujuan yang selaras dengan pemerintah untuk memprioritaskan pemulihan sektor edukasi dengan menciptakan pembelajaran di mana setiap siswa merasa nyaman dan jadi lebih siap belajar.

Hal tersebut diwujudkan Quipper dengan meluncurkan fitur baru, materi baru, serta memperkenalkan teman belajar baru yang menjadi fokus utama di tahun ajaran baru ini.

Halaman
12
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved