Pendidikan

Siswi Keluhkan Tidak Nyaman Ditegur Guru soal Jilbab, Kepala SMP Negeri 46 Buka Suara

Kepala SMP Negeri 46 angkat bicara perihal adanya dugaan pemaksaan jilbab terhadap siswinya hingga yang bersangkutan menjadi tidak nyaman.

Penulis: Ramadhan L Q | Editor: Junianto Hamonangan
Warta Kota/Ramadhan L Q
Kepala SMP Negeri 46 angkat bicara perihal adanya dugaan pemaksaan jilbab terhadap siswinya hingga yang bersangkutan menjadi tidak nyaman. 

WARTAKOTALIVE.COM, PASAR MINGGU - Seorang siswi di salah satu sekolah menengah pertama negeri (SMPN) di Jakarta Selatan dikabarkan ditegur soal memakai jilbab oleh gurunya.

Setelah ditelusuri, sekolah tersebut adalah SMP Negeri 46 yang berada di kawasan Pejaten Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kepala SMP Negeri 46, Endin Haerudin, akhirnya buka suara terkait hal itu. Diduga siswi yang ditegur terkait pemakaian jilbab oleh gurunya tersebut berinisial R.

Endin menuturkan, siswi yang ditegur oleh gurunya soal memakai jilbab itu terjadi pada akhir Juni 2022 lalu saat proses pembelajaran tatap muka (PTM) di kelas.

"Peristiwa mungkin sebelum tanggal 28 (Juni)," ujarnya pada Rabu (3/8/2022) siang.

Awalnya, guru bertanya perihal agama yang dianut oleh siswi R.

Baca juga: Disdik DKI Jakarta Bantah Wajibkan Siswi Pakai Jilbab di Sekolah Negeri

"Pertanyaan pertama adalah, 'Apakah kamu Muslim?'. Kalau dia menjawab non Muslim tidak mungkin dilanjutkan lagi," kata dia.

Guru yang diketahui mengajar pelajaran PKN tersebut kemudian bertanya tentang alasan R belum memakai jilbab. Pertanyaan itu dilontarkan usai guru tersebut mendapat jawaban R adalah seorang Muslim.

"Kemudian memang didekati 'Kamu belum pakai kerudung?'. Itu di depan kelas teman-temannya mendengar gitu. Ketidaksiapan gitu," kata Endin.

"Masalahnya pertanyaan itu diulang oleh guru (PKN) lainnya. Mungkin itu yang membuat yang bersangkutan menjadi tidak nyaman," sambung dia.

Endin mengklaim, tak ada bermaksud dari guru tersebut untuk membully atau mempermalukan siswi R.

"Tidak bully atau mempermalukan atau mempermainkan, karena sedang proses pembelajaran," ujar dia.

Baca juga: VIDEO Pemaksaan Jilbab Ditemukan Juga di Sekolah Negeri Jakarta

Menurut Endin, pertanyaan guru tentang pemakaian jilbab kepada siswi merupakan hal yang biasa.

"Karena sebenarnya bahwa ketika ditanya tentang kerudung yang menjadi trending topic itu, sifaftnya hanya menanya tentang pemakaian kerudung," kata dia.

Halaman
123
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved