Aksi Pria Pincang Kabur Usai Tidak Bayar Isi Saldo Dompet Digital Terekam CCTV

Aksi seorang pria pincang yang tidak bayar usai isi dompet digital untuk kemudian melarikan diri sempat terekam CCTV di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Istimewa
Rekaman CCTV memperlihatkan aksi penipuan berkedok isi saldo dompet digital dan kabur tanpa membayar di Jalan Swasembada, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/8/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Modus penipuan berkedok isi saldo dompet digital menyasar pelaku usaha konter HP di Jalan Swasembada, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dalam rekaman CCTV terlihat, seorang pria berjalan terpincang-pincang mendatangi sebuah konter HP untuk isi saldo dompet digital.

Namun sesudah pengisian saldo dompet digital berhasil, pria itu lekas kabur membonceng sepeda motor rekannya yang sudah menunggu di pinggir jalan.

Pemilik konter sempat mengejar pelaku karena belum melakukan pembayaran, namun tidak berhasil menangkapnya.

Baca juga: Raup Untung Ratusan Juta, Pelaku Penipuan di Kelapa Gading Keranjingan Judi Online

Penipuan berkedok pembelian saldo dompet digital ini viral di jagat maya seusai diunggah akun Instagram @cweejutexx dan diunggah ulang di beberapa akun lainnya.

Saat dikonfirmasi, korban yang merupakan pemilik konter bernama Elly (32) mengungkap kejadian tersebut terjadi pada Selasa (2/8/2022) pukul 04.19 WIB dini hari.

Elly menyebut, kejadian bermula saat pelaku meminta isi ulang saldo dompet digital kepada adiknya yang saat itu menjadi konter.

"Jadi kejadiannya itu dia top up Dana, terus sempat nanya bisa Ovo tidak. Adik saya terus jawab bisa, tapi dia cuma top up Dana. Setelah transaksi selesai, terus dia balik ke belakang ke temennya dia minta Hotspot," kata Elly.

Baca juga: Lansia di Tugu Utara Jadi Korban Penipuan, Modusnya Pemberian Bansos

Awalnya, adik Elly sempat curiga dengan gerak-gerik pelaku yang mencurigakan. Namun ia tetap melayaninya dengan mengisi saldo dompet digital sebesar Rp 325 ribu.

"Tapi adik saya sudah ancang-ancang buka etalase gitu buat ngejar dia karena udah mencurigakan. Enggak lama kemudian dia langsung lari dengan motornya," ungkapnya.

Elly menjelaskan, ciri-ciri pelaku pria bertato dengan memiliki brewok dengan kondisi kaki pincang di bagian kanan. Awalnya, pelaku datang tanpa menggunakan sepeda motor.

Baca juga: Buru Pelaku Penipuan Lansia Bermodus Bansos di Tugu Utara, Polisi Periksa TKP

"Ia betul, dari awal datangnya enggak pake motor. Jalan dulu tuh dari sana ke sini, enggak lama teman motornya ke sini, terus dia muter balik kayak udah baca situasi gitu. Karena posisinya sepi jadi dia bisa melancarkan aksinya, segampang itu," ujarnya.

Elly juga mengungkapkan kejadian serupa pernah terjadi sebelumnya di Jalan Bugis, Tanjung Priok, Jakarta Utara dengan ciri-ciri pelaku yang sama.

"Yang saya dengar di Jalan Bugis ada juga, tapi nominanya 250 ribu dengan orang yang sama kakinya pincang kanan juga," pungkasnya. (m38)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved