Sudah Satu Minggu Harga Cabai di Klender Menurun, Ini Penyebabnya

Harga kebutuhan pokok seperti cabai di Pasar Klender SS, Jakarta Timur belakangan mengalami penurunan karena sekarang ini sudah memasuki musim panen.

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Junianto Hamonangan
Istimewa
Alia (45), pedagang cabai dan sayur di Pasar Parung, sedang melayani pembeli pada Sabtu (18/6/2022). Harga cabai di Pasar Parung saat ini mencapai Rp100 Ribu perkilogramnya 

WARTAKOTALIVE.COM, DURENSAWIT - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian DKI Jakarta, menggelar agenda Inspeksi Mendadak (Sidak) pada lima pasar yang terdapat di Ibu Kota.

Agenda yang dilakukan Rabu (27/7/2022), sidak tersebut bertujuan untuk memantau sejumlah bahan kebutuhan pokok terkait harga terkini.

Sub Koordinator PKKPP Dinas KPKP DKI Jakarta, Solihin, menjelaskan harga terkait kebutuhan pokok saat ini sudah termasuk kedalam konteks penurunan, terkhusus harga cabai.

"Kebetulan di Pasar Klender SS, harga cabai rawit ada penurunan, dari Rp 120 ribu per kilogram sekarang Rp 80 ribu per kilogram," kata Solihin, di Pasar Klender, Rabu (27/7/2022).

Baca juga: Usai Idul Adha, Harga Cabai di Pasar Kramatjati Mulai Turun

Terkait harga cabai, saat ini sudah di kisaran harga Rp 100 ribu per kilogram, untuk sebelumnya yakni Rp 180 ribu per kilogram. "Harga cabai udah semingguan turun," tutur Solihin.

Namun, terkait harga bawang putih, bawang merah, dan telur masih terbilang fluktuasi.

"Telur fluktuasi. Kemarin sempat Rp 29 ribu per kilogram, sekarang Rp 28 ribu per kilogram," ujarnya.

Solihin pun mengungkapkan alasan harga cabai turun yakni karena sudah terhitung musim panen dimana dampak dari hal itu yakni berpengaruh sudah terhitung satu minggu belakangan ini.

Baca juga: IKAPPI Geram Dengar Candaan Zulkifli Hasan Soal Harga Cabai yang Mahal

"Karena sekarang di petaninya itu memang lagi musim panen gitu," kata Solihin. 

Harga cabai di Ibu Kota sempat dirasa naik tinggi, terbukti dengan harga cabai rawit yang mencapai angka kisaran Rp 120 ribu per kilogram. Sedangkan untuk harga cabai merah menyentuh di kisaran Rp 180 ribu per kilogram.

"Kemarin belum musim panen, makanya harga tinggi," kata Solihin.

Sementara dari pihak lain, yakni satu pedagang Pasar Klender, Ipin, mengungkapkan, secara umum harga kebutuhan pokok terbilang mulai perlahan stabil dalam perhitungan waktu lebih kurang seminggu terakhir.

"Harga sudah pada turun sih. Sudah mulai normal lagi," pungkasnya.

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved