ASEAN Para Games 2022

Antisipasi Penyebaran Covid-19, Pemilahan Hotel Atlet & Ofisial ASEAN Para Games 2022 Sesuai Cabor

Sebanyak 15 hotel digunakan sebagai tempat menginap seluruh kontingen yang akan bersaing pada ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Sigit Nugroho
Dok: Kemenpora
Menpora Zainudin Amali menjadi Pembina Upacara pada acara Pengukuhan Kontingen Indonesia ASEAN Para Games Solo 2022 di Pendapi Gede, Balai Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (25/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Sebanyak 15 hotel digunakan sebagai tempat menginap seluruh kontingen yang akan bersaing pada ASEAN Para Games (APG) 2022 di Solo.

Hotel-hotel tersebut berada di wilayah Solo dan Semarang yang merupakan tempat penyelenggaraan APG sepanjang 30 Jul-6 Agustus 2022.

"Hotel tempat menginap tersebut dipilah bukan berdasarkan kontingen, namun berdasarkan cabang olahraga yang diikuti para atlet," kata anggota Bidang Akomodasi Indonesia ASEAN Para Games Organizing Committee (Inaspoc), Surya Wardhana, dalam keterangan resminya, Rabu (27/7/2022).

Terdapat 11 negara peserta yang akan mengikuti perburuan medali pada pesta olahraga disabilitas Asia Tenggara itu.

Mereka akan bersaing pada 14 cabang olahraga.

Baca juga: Menpora Zainudin Amali Pastikan Gelaran ASEAN Para Games 2022 di Solo Sudah Sangat Siap Dilaksanakan

Baca juga: Cabor Paracycling Tak Dipertandingkan di ASEAN Para Games 2022, M Fadli Fokus Jalani Latihan di Solo

Baca juga: 6 Medali Emas jadi Modal Para-atletik Indonesia jelang Asean Para Games 2022 Solo

Cabang para atletik menempati hotel terbanyak yakni tiga hotel di Solo, karena jumlah atlet dan ofisial cabor tersebut memang paling banyak.

"Jumlah atlet dan ofisial atletik dari seluruh kontingen peserta mencapai 396 orang," ujar Surya.

Ketiga hotel untuk cabang atletik adalah Hotel Aston, Hotel Harris, dan Swiss Bel Saripetojo.

Sementara atlet dan ofisial cabor para archery (panahan) menempati Hotel Megaland, boccia di Hotel Alana, para bulu tangkis di Hotel Lorin, dan para catur di Hotel Lorin Dwangsa.

BERITA VIDEO: Pelecehan Sexual Kembali Terjadi di Transjakarta, Pelakunya Seorang Lansia

Selanjutnya atlet dan ofisial sepak bola celebral palsy (CP) menghuni Hotel Novotel, para tenis meja di Hotel Sunan, basket kursi roda di Hotel Kusuma Sahid Prince, goalball di Hotel Sahid Jaya, blind judo di Hotel Gran HAP dan voli duduk di Hotel Royal Heritage.

"Hotel Solo Paragon digunakan untuk menginap dua cabor, yakni para angkat berat dan tenis kursi roda," tutur Surya.

Selain di wilayah Solo, ada satu cabor yang diinapkan di Semarang, mengingat venue para renang dilombakan di Kolam Renang Jatidiri Semarang.

Menurut Surya, atlet dan ofisial cabor para renang diinapkan di Hotel Harris sedangkan perangkat perlombaannya menempati Hotel Arus, di Kota Lumpia.

"Seluruh atlet dan ofisial dari seluruh negara peserta, sudah masuk ke hotel sesuai cabornya, sejak kedatangan mereka di Solo, Selasa (26/7/2022), termasuk kontingen Brunei Darussalam yang baru datang hari ini, Rabu (27/7/2022),’’ jelas Surya.

Pemilahan hotel atlet dan ofisial sesuai cabor, menurut Ketua Pelaksana Inaspoc Gibran Rakabuming Raka, atas pertimbangan sistem bubble yang diterapkan dalam kaitan protokol antisipasi Covid-19.

‘’Jadi per hotel, per cabor, sehingga mitigasi terhadap Covid-19 dapat lebih gampang. Jadi dengan segala konsekuensinya, acara akan tetap berjalan dengan protokol kesehatan ketat,’’ jelasnya.

Menurut Wali Kota Surakarta itu, para peserta berdatangan pada 26 Juli 2022 langsung menjalani swab saat akreditasi.

"Tidak ada karantina (bagi kontingen). Kalau Swab aman ya langsung saja. Kita juga sudah siapkan tempat khusus, karantina (kalau ada yang positif Covid-19). Protokolnya sama seperti G20 itu lah. Kita sudah koordinasi dengan Kemenkes juga,’’ pungkasnya.

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved