Lansia di Tugu Utara Jadi Korban Penipuan, Modusnya Pemberian Bansos

Seorang lansia menjadi korban penipuan dengan modus memberikan bansos di Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara dimana aksinya ada dalam rekaman CCTV.

Lansia di Tugu Utara Jadi Korban Penipuan, Modusnya Pemberian Bansos
Istimewa
Aksi pelaku penipuan dengan modus bansos untuk lansia sempat terekam kamera CCTV di Jalan Melur Tugu, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

WARTAKOTALIVE.COM, KOJA - Pelaku penipuan sasar korbannya seorang lanjut usia (lansia) dengan modus memberikan bantuan sosial (bansos) di Jalan Melur Tugu, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara.

Aksi penipuan tersebut terekam CCTV, di mana seorang wanita mengenakan kerudung hijau dan daster batik tiba-tiba dihampiri tiga orang tak dikenal.

Selanjutnya, pelaku terlihat mengajak korban berbincang dan akhirnya dibawa masuk ke dalam mobil yang berwarna hitam.

Menurut keterangan Kapolsek Koja Kompol Mulyana, para melaku mengiming-imingi korban akan diberikan bansos sebelum merampas perhiasan korban.

Baca juga: Tangkap Pelaku Penipuan, Polisi Pancing dengan Pura-pura Pasang Iklan Loker di Medsos

"Mereka menawarkan untuk memberikan sumbangan kepada orang-orang tua, kemudian korban menaiki mobilnya. Kemudian, mengingat korban sudah tua lalu pelaku menyuruh korban mencari lagi siapa yang ingin diberikan sumbangan," kata Mulyana, Senin (25/7/2022). 

Untuk menyakinkan korban, pelaku memberikannya amplop berisi uang palsu dolar Singapura sembari mengajak korban bercerita.

Ketika korban mulai mempercayai para pelaku, seorang dari mereka meminta izin meminjam perhiasan yang sedang dikenakannya.

Baca juga: Raup Untung Ratusan Juta, Pelaku Penipuan di Kelapa Gading Keranjingan Judi Online

"Kemudia pelaku mengajak ngobrol korban, kemudian pelaku melihat korban memakai gelang emas. Kemudian pelaku mengataKan bahwa ingin melihat gelang itu karena seperti milik istrinya. Tanpa sadar korbanpun memberikannya," ungkapnya.

Kemudian setelah pelaku berhasil mengambil perhiasan korban berupa gelang emas seberat 20 gram, mereka menurunkannya di tengah jalan.

Mulyana menyebut kejadian penipuan itu terjadi pada Jumat (22/7/2022) dengan inisial korban N (74) seorang lansia yang tinggal tak jauh dari lokasi kejadian. (m38)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved