Habib Rizieq Bebas

Kuasa Hukum Pastikan Habib Rizieq Ikuti Prosedur Bebas Bersyarat, Termasuk untuk ke Luar Kota

Habib Rizieq Shihab dipastikan bebas bersyarat dan mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku.

Youtube IBTV
Habib Rizieq Shihab dipastikan akan mengikuti prosedur selama dinyatakan bebas bersyarat 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Habib Rizieq Shihab dipastikan bebas bersyarat dan mengikuti aturan dan prosedur yang berlaku.

"Yang jelas prosedur hukum yang saya sampaikan ini adalah prosedur yang memang secara administrasi dan secara hukum itu memenuhi syarat," kata Kuasa Hulum Aziz Yanuar di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (24/7/2022).

Menurutnya, hal tersebut sesuai dengan Permenkumham No. 7 Tahun 2022 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat.

"Sebagaimana diatur di Permenkumham nomor 7 tahun 2022 mengenai remisi. Remisi kita ambil 2 kali dan juga ada yang namanya pembebasan bersyarat dan itu kita hitung dari 3 perkara Habib Rizieq," ujarnya.

Baca juga: Aziz Yanuar Sebut Habib Rizieq Shihab Punya Kriteria Capres yang Bakal Didukung dalam Pilpres 2024

Baca juga: Mardani Ali Sera Sempat Menduga Bebasnya Habib Rizieq untuk Alihkan Isu Pembunuhan Brigadir Yosua

Aziz menuturkan pertama, kerumunan di Megamendung, Jawa Barat dibayar dengan denda.

"Kerumunan Megamendung sampai Agustus 2021. Dari situ kita count on masuk sampai hitung-hitungannya kan kalau 1 tahunnya berarti Agustus 2022," ucapnya.

"Karena kita dapat remisi maka maju 2 bulan kemudian ada juga di situ kalau sudah menjalani dua pertiga maka kita bisa ajukan pembebasan bersyarat. Kita semua prosedur kita penuhi, kita smooth, kita landai, kita jalankan, dan alhamdulillah diakomodir karena itu memang hak," sambungnya.

Karena itu, Aziz menegaskan proses dikeluarkannya Rizieq pada 20 Juli kemarin sesuai dengan aturan.

"Setelah masa ekspirasi selesai di akhir pada 10 Juli 2023 ada lagi yang namanya percobaan sampai 10 Juli 2024. Artinya semua sesuai prosedur," ungkapnya.

Aziz pun meminta masyarakat yang berspekulasi terhadap keluarnya Rizieq dari penjara agar bicara berdasarkan fakta.

"Spekulasi itu tentu saja harus ada fakta. Kalau saya tadi berdasarkan fakta hukum," ucap Aziz.

Aturan Izin Keluar Kota

Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab (HRS), Aziz Yanuar mengatakan kliennya harus seizin Balai Pemasyarakatan (Bapas) jika bepergian keluar kota.

"Ada peraturan kalau keluar kota harus seizin dari pembina, dari Bapas, kalau boleh, boleh. Itu jadi ada di beberapa syarat khusus yang memang tidak boleh dilanggar," kata Aziz di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (24/7/2022).

Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, mengatakan bahwa bahwa hari ini kliennya tidak menerima tamu secara resmi.
Kuasa hukum Habib Rizieq Shihab, Aziz Yanuar, mengatakan bahwa bahwa hari ini kliennya tidak menerima tamu secara resmi. (WartaKota/Alfian Firmansyah)
Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved