Ridwan Kamil Tawarkan Program Inovatif Digital Ke 416 Kades di Kabupaten Bogor

Gubernur Ridwan Kamil menawarkan program inovatif digital kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bogor.

Penulis: Hironimus Rama | Editor: Budi Sam Law Malau
Warta Kota/ Hironimus Rama
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menawarkan program inovatif digital ke 416 Kepala Desa (Kades) Kabuapaten Bogor yang melaksanakan Jambore Kades Tahun 2022, di Bukit Pelangi Sentul Babakan Madang, Minggu (24/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR -- Sebanyak 416 Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Bogor mengikuti Jambore Kepala Desa (Kades) Tahun 2022, yang berlangsung di Bukit Pelangi Sentul Babakan Madang, mulai 23 Juli sampai 25 Juli 2022.

Kegiatan ini digelar untuk pertama kalinya oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Desa  Seluruh Indonesia (APDESI).

Beberapa kegiatan digelar untuk memeriahkan Jambore Kades tahun 2022, antara lain Ngaliwet Akbar, Fun Games, FourPeo sepak bola, pentas seni budaya, inagurasi dan ngobrol ringan.

Jambore Kades 2022 ini dihadiri Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Ridwan Kamil menawarkan program inovatif digital kepada seluruh Kepala Desa yang ada di Kabupaten Bogor.

"Saya tawarkan program potensi desa atau kearifan lokal desa diintegrasikan dengan digitalisasi, serta mendorong menciptakan kemandirian desa," kata Ridwan, Minggu (24/7/2022).

Baca juga: Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil Lari Bareng, Bima Arya: Lari Aja Bisa Sama-sama, Apalagi Bangun Bangsa

Dia pun menantang Plt Bupati Bogor dan Sekda untuk mewujudkan program-program ini karena relevan dengan besarnya jumlah penduduk Kabupaten Bogor yang harus diberi makan.

"Konsep kearifan lokal budaya sunda ini saya titipkan. Saya berharap dalam sebulan-dua bulan bisa kita launching di Kabupaten Bogor sebagai simbol ketahanan Jabar sebagai ketahanan pangan yang kita mulai dari desa," ujarnya

Menurut Ridwan, inovasi digital sangat penting karena kedepan dunia akan menghadapi krisis global yang dampaknya berpengaruh hingga ke level desa.

"Kuncinya adalah kemandirian desa dalam menghadapi krisis global tersebut dengan membangun kearifan lokal gudang-gudang makanan atau leuit di seluruh desa yang ada di Kabupaten Bogor," jelasnya.

Baca juga: Wacana Duet Anies Baswedan-Ridwan Kamil di Pilpres 2024, Waketum: NasDem Enggak Bisa Usung Sendiri

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved