Hari Anak Nasional

Peringati HAN 2022, Kalbe Edukasi Orangtua Jaga Kesehatan Saluran Pencernaan Anak

Peringati Hari Anak Nasional 2022, Kalbe Ethical Customer Care edukasi orang tua jaga kesehatan saluran pencernaan anak dalam proses tumbuh kembang.

Wartakotalive.com/Mochammad Dipa
Bertepatan dalam memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) menggelar health talk bertema Anak Terlindungi, Indonesia Maju dan subtema Anak Sehat, Kreatif, dan Berprestasi di Jakarta Aquarium Safari, Neo Soho, Central Park, Sabtu (23/7/2022). 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Bertepatan dalam peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 pada 23 Juli 2022, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Ethical Customer Care (KECC) menggelar health talk bertema Anak Terlindungi, Indonesia Maju dan subtema Anak Sehat, Kreatif, dan Berprestasi.

Acara ini diikuti oleh ratusan peserta yang merupakan para orangtua beserta anak-anak dimana mereka sekaligus bisa berekreasi melihat ratusan biota laut di Jakarta Aquarium Safari, Neo Soho Central Park, Jakarta, Sabtu (23/7/2022).

Menurut Deputy Director KECC dr. Selvinna, acara ini merupakan bagian dari kegiatan rutin tahunan yang digelar KECC dalam memperingati HAN.

“KECC ini setiap tahun membantu pemerintah untuk menyelenggarakan peringatan Hari Anak Nasional dengan tujuan utama adalah mengingatkan kepada kita semua bahwa anak-anak merupakan aset negara, masa depan negara itu kan tergantung dari anak-anak kita saat ini. Jadi pekerjaan rumah orangtua sekarang adalah memastikan anaknya itu tumbuh secara optimal baik dari sisi kesehatan, mentalnya, fisiknya dan edukasinya,” ujar dr. Selvinna kepada Wartakotalive.com, Sabtu (23/7/2022).

Ia menambahkan, tujuan dari KECC mengadakan acara seperti ini setiap tahunnya adalah membantu orangtua untuk memastikan anaknya itu tumbuh secara optimal, terutama dari sisi edukasi kesehatan.

“Dengan acara ini kami membantu orang tua mengerti lebih jauh tentang bagaimana mengoptimalkan tumbuh kembang anaknya tidak hanya secara fisik tapi juga secara emosionalnya,” sebut dr. Selvinna.

Adapun dalam kegiatan memperingati Hari Anak Nasional (HAN) 2022 KECC mengundang Dokter Spesialis Anak dr. Lucy Amelia, Sp.A, M.Kes sebagai narasumber dari kegiatan health talk.

Ia menambahkan, selain asupan nutrisi yang baik, bahwa kesehatan saluran pencernaan juga sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak, sehingga hal tersebut perlu dijaga dengan baik.

“Untuk menciptakan generasi penerus yang sehat, kreatif, dan berprestasi, orang tua harus fokus di asupan nutrisi dan saluran pencernaan,” ujarnya.

Menurut dr. Lucy, bahwa saluran pencernaan adalah ‘otak’ kedua, karena di saluran pencernaan terdapat banyak sel serta hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan.

“Saluran pencernaan juga menghasilkan hormon serotonin yang akan bekerja di otak yang mempengaruhi mood dan mempengaruhi kecerdasan,” imbuhnya.

Adapun di 1000 hari pertama kehidupan atau di 2 tahun pertama usia anak adalah masa pembentukan sel-sel di saluran pencernaan untuk menjadi lebih sempurna.

“Jadi apapun yang masuk ke dalam saluran pencernaan bisa memicu adanya alergi, infeksi.

Di dalam saluran pencernaan, lanjut dr. Lucy, ada sejumlah mikroorganisme yang hidup bersimbiosis dengan manusia dan membantu menjaga kesehatan tubuh, yaitu microbiota.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved