Polisi Tembak Polisi

Kasus Dugaan Pembunuhan Berencana Terhadap Brigadir Yosua Disidik, Polri: Timsus Kerja Sangat Cepat

Dedi menuturkan, proses peningkatan status perkara itu dilakukan setelah penyidik melakukan serangakaian gelar perkara.

Editor: Yaspen Martinus
Wartakotalive.com/Domuara D. Ambarita
Tim penasihat hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, usai membuat laporan dugaan pembunuhan berencana di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (18/7/2022) siang. Kasus itu kini naik satus jadi penyidikan. 

WARTAKOTALIVE, JAKARTA - Kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, naik status dari penyelidikan menjadi penyidikan. 

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, pihaknya tetap mengikuti prosedur penyidikan, meskipun proses peningkatan status perkara terbilang cepat.

"Ini menunjukkan bahwa timsus bekerja boleh dikatakan sangat cepat ya, tapi tetap kaidah-kaidah pembuktian secara ilmiah ini merupakan standar operasional dalam proses penyidikan," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Baca juga: Kuasa Hukum Minta Data Rekaman Detail Panggilan di Ponsel Brigadir Yosua Dibuka kepada Publik

Dedi menuturkan, proses peningkatan status perkara itu dilakukan setelah penyidik melakukan serangakaian gelar perkara. Gelar perkara baru selesai dilakukan usai Salat Jumat sore tadi.

"Dan melalui proses gelar perkara yang dilakukan sore hari ini oleh Kepala Tim Sidik Dirtipidum."

"Jadi status laporan dari pihak pengacara keluarga Brigadir J, dari penyelidikan sekarang statusnya sudah naik ke penyidikan," jelasnya.

Baca juga: Dibilang Sekjen PDIP Elektoral Turun, Elite NasDem: Pemilu 2024 Tidak Berpatokan pada Hasil Survei

Dedi menuturkan, tim khusus kini telah berada di Jambi memeriksa sejumlah saksi, untuk mendalami laporan yang didaftarkan pihak keluarga Brigadir Yosua.

"Jadi betul hari ini timsus sudah berada di Jambi untuk meminta keterangan beberapa saksi yang dibutuhkan, terkait laporan dari pihak pengacara keluarga korban Brigadir J."

"Dari hasil pemeriksaan yang sudah dilaksanakan di Polda Jambi, dan tentunya ini akan didalami kembali oleh timsus," bebernya.

Naik Status

Bareskrim Polri menaikkan status kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, dari penyelidikan menjadi penyidikan.

"Betul, sudah (laporan pembunuhan berencana Brigadir Yosua naik penyidikan," ujar Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi, Jumat (22/7/2022).

Ia menuturkan, peningkatan status perkara itu dilakukan setelah penyidik melakukan gelar perkara pada Jumat (22/7/2022) sore.

Baca juga: Gede Pasek Suardika: Anas Urbaningrum Minta Gabung Partai Kebangkitan Nusantara

"Barusan selesai gelar perkaranya," ungkap Andi.

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved