UMKM

Perkuat Usaha Mikro dan Kecil, DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta Buka Gerai Memulai di Kecamatan Cakung

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha di DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola (UP) PMPTSP Kecamatan Cakung.

dok. DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha atau Starting a Business Corner di salah satu service point DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola (UP) PMPTSP Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. 

WARTAKOTALIVE.COM - Sektor Usaha Mikro dan Kecil (UMK) memiliki tempat istimewa di Jakarta dan menjadi prioritas dalam pengembangan inovasi layanan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta.

Berangkat dari hal tersebut, Kepala DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Benni Aguscandra meresmikan Gerai Memulai Usaha atau Starting a Business Corner di salah satu service point DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola (UP) PMPTSP Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Lokasi ini dipilih karena memiliki jumlah Usaha Mikro dan Kecil terbanyak dan berada di wilayah strategis yang berbatasan dengan daerah penyangga Jakarta.

“Menurut data kami, terdapat lebih dari 23 ribu Usaha Mikro dan Kecil di Cakung dan terbanyak di Jakarta. Selain itu, kawasan Cakung memiliki lokasi strategis karena berbatasan dengan daerah penyangga Jakarta seperti Bekasi, sehingga potensi bisnisnya cukup besar,” ungkap Benni saat meresmikan Gerai Memulai Usaha di UP. PMPTSP Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (19/7/2022).

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha (1)
Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha atau Starting a Business Corner di salah satu service point DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola (UP) PMPTSP Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Beni menambahkan, Gerai Memulai Usaha di UP PMPTSP Kecamatan Cakung menghadirkan pelayanan konsultasi dan pendampingan perizinan berusaha (PB) serta Perizinan Berusaha untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB UMKU) berbasis Online Single Submission (OSS) dan Sistem Pendukung Pemprov. DKI Jakarta.

Pendirian gerai ini dikatakan Benni juga merupakan wujud dari semangat kolaborasi Pemprov. DKI Jakarta bersama Kementerian/Lembaga, diantaranya Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama Republik Indonesia.

Untuk itu, Benni mengimbau kepada para pelaku UMK memanfaatkan layanan yang disediakan guna melengkapi kebutuhan legalitas agar usaha yang dijalankan dapat terus berkembang dan mendapatkan perlindungan hukum.

“Petugas kami akan memberikan pendampingan secara langsung dalam pengurusan perizinan dan nonperizinan mulai dari tahap pengajuan sampai dengan penerbitan izin/nonizin (end to end process), terdapat juga pelayanan konsultasi dan pendampingan izin edar pangan olahan dan sertifikat halal,” imbuh Benni.

DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha (2)
DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta meresmikan Gerai Memulai Usaha atau Starting a Business Corner di salah satu service point DPMPTSP Provinsi DKI Jakarta, Unit Pengelola (UP) PMPTSP Kecamatan Cakung, Jakarta Timur.

Sementara itu Camat Cakung, Fajar Eko Satrio menyampaikan harapannya agar jumlah pelaku UMK di wilayahnya semakin bertambah seiring dengan berbagai inovasi layanan yang mendekatkan dan memudahkan masyarakat.

Fajar pun menilai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dapat menjadi jalan keluar untuk mengentaskan angka pengangguran karena jumlah UMKM yang banyak berbanding lurus dengan banyaknya lapangan pekerjaan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved