Berita Bogor

Tim SAR Gabungan Berhasil Temukan Korban Longsor di Bogor Tertimpa Reruntuhan Tembok

Pencarian korban longsor di Bogor yang dilakukan sejak 18.30 WIB ini monorehkan hasil sekitar pukul 23.40 WIB korban ditemukan dalam posisi meninggal

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Dian Anditya Mutiara
Istimewa
Korban longsor di Bogor akhirnya bisa ditemukan 

WARTAKOTALIVE.COM, BOGOR - Upaya pencarian korban yang tertimbun tanah longsor sejak Jumat (15/7/2022) oleh Tim SAR gabungan akhirnya berhasil ditemukan, korban atas nama Manah (52). 

Pencarian korban longsor di Bogor yang dilakukan sejak sekitar 18.30 WIB ini monorehkan hasil sekitar pukul 23.40 WIB korban ditemukan dalam posisi sudah meninggal. Isak tangis keluarga pun pecah di lokasi kejadian. 

"Kejadian sekitar pukul 18.00 mendapat laporan dari lurah curug bahwa ada longsoran di wilayah kampung Got, dimana ada rumah yang tertimpa longsoran sebab adanya rembesan air yang mengakibatkan runtuhnya tembok dan menimpa rumah tersebut, adapun korban 1 orang atas nama Ibu Manah, posisi ada ditembok belakang rumah, sehingga tidak sempat mengevakuasi diri," ucap Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas

Theo menuturkan kendala yang dihadapi oleh timnya adalah ruang manuver yang terbatas membuat proses evakuasi mengalami kendala karena posisi korban terhimpit diantara tembok bangunan dan longsoran tanah. 

Baca juga: 16 Titik di Kota Bogor Dilanda Banjir dan Tanah Longsor, Satu Warga Tertimbun

Proses pencarian pun menggunakan peratan manual seperti gergaji dan pacul karena tidak memungkinkannya menggunakan alat berat. 

Sementara, itu titik Longsor juga melanda Kel. Cibadak, Kel. Semplak, Kel. Kayu Manis, Tanah Sareal, Kel. Genteng, Bogor Selatan dan Kel. Situgede, Bogor Barat. 

Saat ini untuk rekapitulasi kejadian yang berhasil dihimpun oleh BPBD Kota Bogor, Jawa Barat setidaknya terdapat 21 titik kejadian di wilayah kota Bogor, Jawa Barat terdiri dari 10 titik lokasi banjir, longsor 6 titik dan 5 bangunan roboh. 

"Untuk kondisi banjir saat ini hanya lintasan saja, tadi kita coba evakuasi warga yang tidak bisa melintas berkoordinasi dengan pak Kapolres menggunakan perahu karet, tapi ternyata disana sudah surut," ucap Theo

"Ada juga memang aliran yang cukup deras, sehingga debit air tidak nampung, yang di tole Iskandar itu, pertigaan Yasmin drainase nya tidak nampung tadi sduah disampaikan oleh RT setempat untuk got yang tertutup agar dibuka kembali, sehingga air tidak meluap ke rumah," tambah Theo

Sebelumnya, hujan deras yang turun di Kota Bogor pada Jumat (15/7/2022) membuat sejumlah wilayah di beberapa titik mengalami banjir dan tanah longsor. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved