Banjir Jakarta

Banjir Jakarta, Repotnya Warga Harus Evakuasi Barang hingga Beraktivitas di Genangan

Banjir Jakarta melanda membuat repot warga dari harus mengevakuasi barang hingga sulit keluar rumah

Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga
Seorang warga korban banjir, Dila (43) saat ditemui wartakotalive.com di kediamannya di RT 15 RW 02, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (16/7/2022). 

Repotnya Dila saat Rumah Tergenang Banjir, Harus Mindahin Barang ke Atas

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Hujan lebat cukup lama sejak Jumat (15/7/2022) sore membuat beberapa wilayah di DKI Jakarta terendam banjir hari ini, Sabtu (16/7/2022).

Tak jarang beberapa warga menjadi korban banjir, di mana air genangan masuk hingga ke dalam rumahnya.

Seperti banjir di Kedoya Utara, Dila (43) menceritakan repotnya ketika air merendam sebagian besar rumah. 

Ditemui di kediamannya di RT 15 RW 02, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Dila mengaku harus mengangkat barang-barang penting dari bawah menuju ke tingkat dua, ketika rumahnya tergenang banjir.

"Lemari kecil, rak buku, rice cooker, barang-barang penting lainnya langsung saya naikkan ke atas waktu semalam banjirnya masuk ke rumah," ujar Dila, Sabtu (16/7/2022).

Baca juga: Akses Tangerang ke Jakarta di Jalan KH Ashari Putus, Terendam Banjir 50 Cm

Ibu dari empat anak itu juga harus izin libur dari pekerjaannya di kawasan Grand Indonesia, Jakarta Pusat saat banjir besar seperti saat ini.

Hal tersebut ia lakukan karena harus kerja keras untuk menyelamatkan barang-barang penting yang ada di rumahnya.

Dila mengaku, banjir sudah mulai sejak kemarin Jumat (15/7/2022) sore.

Baca juga: Jalan Raya Pisangan Tambun Utara Lumpuh Akibat Tergenang Banjir Setelah Dapat Kiriman Air dari Bogor

Namun makin tinggi hingga sepaha ketika jelang malam hari.

"Kalau hari ini, Sabtu (16/7/2022), tadi pagi sudah sempat turun selutut. Tapi karena tadi sempat hujan kan, langsung naik lagi deh," ujar Dila.

Seorang warga korban banjir, Dila (43) saat ditemui wartakotalive.com di kediamannya di RT 15 RW 02, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (16/7/2022).
Seorang warga korban banjir, Dila (43) saat ditemui wartakotalive.com di kediamannya di RT 15 RW 02, Kelurahan Kedoya Utara, Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Sabtu (16/7/2022). (Wartakotalive/Leonardus Wical Zelena Arga)

Dila mengatakan, penyebab banjir adalah tidak adanya pompa air di Kali Pesing yang berlokasi di belakang wilayah RW 02, Kelurahan Kedoya Utara.

Selain itu, posisi ketinggian kali yang sudah sejajar dengan tanah warga, menurutnya juga menjadi penyebab banjir besar saat ini.

Lebih lanjut Dila memprediksikan, apabila sore nanti hujan deras lagi, tidak menutup kemungkinan banjir akan susah surut dan bahkan ketinggian air bisa naik.

Berdasarkan pantauan wartakotalive.com, Sabtu (16/7/2022), rumah Dila terendam banjir kira-kira dengan ketinggian selutut orang dewasa.

Semua area dalam rumah Dila lantai satu terendam air banjir dari area depan hingga belakang rumah.

Hal itu membuat Dila dan keluarga kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti memasak, mandi, dan lain-lain.

"Ya harapannya untuk pemerintah supaya jalur yang di kali dipercepat pembuatan pompanya. Supaya untuk mencegah banjir besar seperti sekarang ini," ujar Dila. (m36)

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved