Pendidikan

Koordinator CBA Pertanyakan Rangkap Jabatan Rektor UIII Depok, Ini Jawaban Komaruddin Hidayat

Ini jawaban Komaruddin Hidayat terkait tudingan Koordinator CBA soal rangkap jabatan, karena melanggar statuta UIII.

Penulis: Dodi Hasanuddin | Editor: Dodi Hasanuddin
istimewa
Koordinator CBA Pertanyakan Rangkap Jabatan Rektor UIII Depok, Ini Jawaban Komaruddin Hidayat. 

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA - Koordinator CBA pertanyakan rangkap jabatan Rektor UIII Depok, Ini jawaban Komaruddin Hidayat.

Masalah internal di Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) telah mencuat. Masalah tersebut soal rangkap jabatan di pucuk pimpinan UIII Kota Depok.

Diketahui bahwa Rektor UIII Komarudin Hidayat juga menjabat komisaris di salah satu bank syariah plat merah.

Baca juga: Pengosohan Lahan UIII Depok Rampung Tanpa Masalah, Berkat Kerja Tim dari TNI, Polri dan Satpol PP

Rangkap jabatan tersebut dinilai melanggar PP No.23 Tahun 2019 tentang statuta UIII

Koordinator Investigasi Center for Budget Analysis (CBA) Jajang Nurjaman menilai rangkap jabatan Komarudin Hidayat sebagai Rektor UIII sekaligus Komisaris BSI dikhawatirkan berimbas pada pengelolaan yang buruk di masa mendatang.

"Selain melanggar statuta, rangkap jabatan juga berpotensi memunculkan masalah-masalah lain," kata Jajang, Senin (11/7/2022).

Untuk itu, lanjutnya  dia, ia meminta Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir dan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas yang membawahi UIII harus turun tangan.

Sementara itu, dilansir dari Kompas.com, Komaruddin Hidayat menegaskan tentang rangkap jabatannya sebagai Rektor UIII dan komisaris di salah satu bank syariah milik pemerintah.

Baca juga: Separuh Sudah Ambil, Kemenag Buka Ruang Bagi Warga Penggarap Lahan UIII Depok Terima Uang Kerahiman

Komaruddin mengatakan,  UIII masih dalam masa perintisan sehingga masih belum sepenuhnya beroperasi.

"UIII ini masih masa perintisan, konsolidasi. Ketika jadi komisaris, kampus juga belum beroperasi. Jadi tidak mengganggu,” kata Komaruddin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (6/7/2021).

Menurut dia, UIII diencanakan akan selesai dalam aspek pembangunan dan konsolidasi pada 2024.

Terkait adanya jabatan sebagai komisaris di salah satu bank syariah punya pemerintah, Komaruddin menyatakan bahwa ia sudah mendapat izin dari pihak Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) dan Ketua Wali Amanah UIII.

"Saya sudah lapor dan minta izin ke Setwapres dan Ketua Wali Amanah untuk jadi Komisaris . Bahkan jadi jembatan dan jaringan untuk mengembangkan program Ekonomi Syariah di UIII," tuturnya.

Komaruddin menambahkan bahwa apabila UIII sudah beroperasi selayaknya kampus, maka ia akan melepasakan salah satu jabatan tersebut.

Sebagianberita ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diduga Langgar Statuta karena Jadi Komisaris, Ini Penjelasan Rektor UIII Komaruddin Hidayat" Penulis : Rahel Narda Chaterine

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved